Rohman, Ahmad Kholilur (2018) Analisis Strategi Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Kue Pia Di Industri Pia DC Dusun Pondok Lalang Desa Wonojati Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ahmad Kholilur Rohman_083 144 057.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dalam berbisnis, terutama sebagai produsen, pemasaran merupakan inti dari seluruh aktifitas, yakni kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mempertahankan hidupnya untuk berkembang dan mendapatkan laba. Volume penjualan yang menguntungkan merupakan tujuan dari konsep pemasaran, untuk dapat meningkatkan volume penjualan, perusahaan harus dapat mempengaruhi konsumen dengan sarana 4P yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan distribusi (tempat). Begitupun yang terjadi pada perussahaan Industri Pia DC yang terletak di Desa Pondok Lalang Kecamatan Jenggawah Jember yang bergerak di bidang produksi dan perdagangan Kue Pia yang menggunakan strategi pemasaran dengan memproduksi sendiri dengan menggunakan alat-alat yang lumayan canggih, promosi yang awalnya di gunakan hanya dari mulut ke mulut (word of mouth). Fokus masalah yang di teliti adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan Industri Pia DC untuk meningkatkan volume penjualan kue pia? 2) Apa yang menjadi hambatan-hambatan untuk meningkatkan volume penjualan kue pia? 3) Bagaimana solusi dalam meningkatkan volume penjualan kue pia? Tujuan dalam penelitian adalah 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan Industri Pia DC untuk meningkatkan volume penjualan kue pia? 2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan untuk meningkatkan volume penjualan kue pia? 3) Untuk mengetahui solusi dalam meningkatkan volume penjualan kue pia? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan field research (penelitian lapangan). Teknik sampel yang dipilih adalah purposive sampling yaitu menentukan sampel dengan pertimbangan tertentu yang dipandang dapat memberikan data secara maksimal ddengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Keabsahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa:1) Dalam menjalankan usahanya Industri Pia sudah menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) diantaranya 1. Startegi produk, industri Pia DC sangat menjaga kualitas produk, 2. Strategi harga, dalam 1 kemasan kue pia dibandrol dengan harga Rp 650; 3. Strategi distribusi, pihak perusahaan menggunakan cara berinteraksi langsung dengan pembeli dan melalui distributor, 4. Strategi promosi, perusahaan industri Pia DC menggunakan sistem promosi yaitu mulut-kemulut sehingga mengalami kemajuan signifikan dalam menjalankan 4 bauran pemasaran terhadap peningkatan penjualan, perusahaan Industri Pia DC 2) Hambatan-hambatannya meliputi persaingan pasar dan naiknya bahan baku. 3) Solusi dalam persaingan pasar yaitu pihak perusahaan mencoba untuk berinovasi agar supaya dapat menarik kensumen kembali. Solusi dalam mengatasi naiknya bahan baku yaitu pihak perusahaan meskipun harga bahan baku naik tetap memproduksi kue pia akan tetapi sedikit mengurangi ukuran kue tanpa menaikkan harga per 1 kemasan kue pia tersebut. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Hambatan-Hambatan, Solusi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140303 Economic Models and Forecasting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 07:01 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 07:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28210 |
Actions (login required)
View Item |