Wulandari, Nita Dwi (2019) Kegiatan Melukis Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B di Raudhatul Athfal (RA) Addimyathi Karanganyar Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
NITA DWI WULANDARI_T20155012.pdf Download (5MB) |
Abstract
Anak usia dini merupakan masa kritis bagi perkembangan motorik, dan masa yang paling tepat untuk mengajarkan berbagai keterampilan motorik. Pembelajaran motorik terutama motorik halus, membutuhkan bimbingan dan arahan untuk melatih keluwesan otototot jari tangan yang dimiliki anak, karena setiap anak mempunyai gaya belajar dan karakteristik yang berbeda-beda. Kegiatan melukis merupakan salah satu bentuk kegiatan berekspresi yang cukup populer bagi anak-anak usia dini, karena melukis bagi anak-anak melibatkan fantasi yang merupakan hal tak ternilai. Melukis adalah mengungkapkan bentuk bayangan ke dalam bentuk gambar sehingga menjadi sebuah karya nyata yang bisa dipandang. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan melukis dengan teknik usap abur untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok B di Raudhatul Athfal Addimyathi Karanganyar Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan melukis dengan teknik finger painting untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok B di Raudhatul Athfal Addimyathi Karanganyar Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan melukis dengan teknik usap abur untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok B di Raudhatul Athfal Addimyathi Karanganyar Ambulu Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan melukis dengan teknik finger painting untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok B di Raudhatul Athfal Addimyathi Karanganyar Ambulu Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripstif yang bertujuan untuk deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang diselidiki. Dalam penentuan subyek data penelitian ini menggunakan purposive sampling, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penenlitian yaitu 1) Pelaksanaan kegiatan melukis dengan teknik usap abur pada kelompok B di Raudhatul Athfal Addimyathi Karanganyar Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu dengan pemberian kegiatan disesuaikan dengan tema yang ada, teknik usap abur yang digunakan adalah teknik usap abur ke luar dan teknik usap abur ke dalam. Dalam melakukan evaluasi, guru menilai hasil karya anak dengan melihat kualitas ketebalan warna dan kejelasan bentuk pada lembar kerja anak. 2) Pelaksanaan kegiatan melukis dengan teknik finger painting dilakukan dengan tahap merangsang minat anak terlebih dahulu untuk bermain dengan adonan warna secara langsung menggunakan jari tangan dan tanpa bantuan alat, kemudian memberikan peralatan dan media untuk melaksanakan kegiatan, guru membebaskan anak untuk mengembangkan ekspresinya dalam membuat suatu hasil karya. Keberhasilan kegiatan melukis dengan teknik finger painting ini dilihat dari evaluasi proses cara anak bekerja, dan dari evaluasi hasil karya anak dimana guru melihat kualitas goresan dan campuran warna yang diberikan anak pada media kertas gambar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 06:52 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 06:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28302 |
Actions (login required)
View Item |