: Peranan Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Dengan Menggunakan Alat Musik Rebana di RA Nurul Yaqin Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember

JANNAH, RAUDHATUL (2019) : Peranan Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Dengan Menggunakan Alat Musik Rebana di RA Nurul Yaqin Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RAUDATUL JANNAH_T201511039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan sejak usia dini sangatlah penting.Terkait dengan pendidikan yang diberikan sejak usia dini, salah satu bagian penting yang harus mendapatkan perhatian adalah peningkatan kecerdasan musikal melalui pendidikan di Raudlatul Athfal. Dengan peranan guru dalam meningkatkan kecerdasan musikal anak khususnya menggunakan alat musik rebana yang dilakukan sejak usia dini, diharapkan pada tahap perkembangan selanjutnya anak akan memiliki kecerdasan musikal. Fokus penelitian adalah: (1) Bagaimana peranan guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan kecerdasan musikal anak dengan menggunakan alat musik rebana di RA Nurul Yaqin Mlokorejo Kec. Puger Kab. Jember, (2) Bagaimana peranan guru sebagai pengajar dalam meningkatkan kecerdasan musikal anak dengan menggunakan alat musik rebana dan (3) Bagaimana peranan guru sebagai pelatih dalam meningkatkan kecerdasan musikal anak dengan menggunakan alat musik rebana. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan peranan guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan kecerdasan musikal anak dengan menggunakan alat musik rebana di RA Nurul Yaqin Mlokorejo Kec. Puger Kab. Jember dan (2) Mendeskripsikan peranan guru sebagai pengajar dalam meningkatkan kecerdasan musikal dengan menggunakan alat musik rebana, dan (3) Mendeskripsikan peranan guru sebagai pelatih dalam meningkatkan kecerdasan musikal dengan menggunakan alat musik rebana Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive, dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan analisis model Miles dan Hubberman yaitu kondensasi data, penyajian dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian dapat disimpukan bahwa (1) Peranan guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan kecerdasan musikal anak dengan menggunakan alat musik rebana di RA Nurul Yaqin Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember dilaksanakan dengan merencanakan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, serta melibatkan peserta didik dalam pembelajaran sehingga kecerdasan anak-anak dalam bermusik semakin meningkat, (2) Peranan guru sebagai pengajar dalam meningkatkan kecerdasan musikal anak dengan menggunakan alat musik rebana di RA Nurul Yaqin Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember dilaksanakan melalui perencanaan mengajar, penguasaan materi, digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix penerapan metodologi pengajaran, pengelolaan kelas dan (3) Peranan guru sebagai pelatih dalam meningkatkan kecerdasan musikal anak dengan menggunakan alat musik rebana di RA Nurul Yaqin Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember dilakukan melalui kemampuan guru dan keterampilan guru dalam mengajar dan memperagakan alat musik, dan guru menguasai dan mampu melaksanakan keterampilan dalam mengajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:55
Last Modified: 18 Aug 2023 06:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28323

Actions (login required)

View Item View Item