Pesan Dakwah KH. Abdurrahman Wahid Tentang Pluralisme.

Hodaifah, Achmad (2016) Pesan Dakwah KH. Abdurrahman Wahid Tentang Pluralisme. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Achmad Hodaifah_082 111 015.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan seorang pelaku atau subyek dakwah sangat menentukan keberhasilan kegiatan dakwahnya, baik yang dalam bentuk lisan atau tulisan. Gus Dur terkenal sebagai bapak pluralisme Indonesia, karena pembelaannya terhadap kaum menoritas. Oleh sebab itu, Indonesia dilambangkan dengan moto Bhineka Tunggal Ika. Negeri ini terdiri dari berbagai pulau, suku bangsa, tradisi, agama dan lain-lain. Oleh karena itu, Indonesia memerlukan pengembangan konsep pluralisme untuk mempertahankan persatuan dalam ikatan kebhinekaan. Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi pesan dakwah KH. Abdurrahman Wahid tentang pluralisme? 2) Bagaimana konsep dakwah KH. Abdurrahman Wahid tentang pluralisme? 3) Bagaimana pendekatan dakwah KH. Abdurrahman Wahid tentang pluralisme? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan strategi pesan dakwah KH. Abdurrahman Wahid tentang pluralisme. 2) Untuk mendeskripsikan konsep dakwah KH. Abdurrahman Wahid tentang pluralisme. 3) Untuk mendeskripsikan pendekatan dakwah KH. Abdurrahman Wahid tentang pluralisme Metode yang digunakan dalam penelitin ini adalah penelitin kualitatif deskriptif analisia kritis pemikiran Gus Dur tentang dakwah pluralisme, Jenis penelitian ini adalah (library research), artinya penelitian yang bersifat kepustakaan murni, yang data-datanya didasarkan atau diambil dari bahan-bahan tertulis, baik yang berupa buku ataupun lainnya, yang berkaitan dengan topik atau tema pembahasan skripsi yang judul pesan dakwah KH. Abdurrahman Wahit tentang pluralisme. Peneliti ini memperoleh kesimpulan: 1) bahwasanya seorang pelaku atau subyek dakwah untuk membangun strategi dalam menyampaikan dakwah sangat menentukankan keberhasilan dakwahnya; 2) seorang pelaku atau subyek dakwah sebelum menyampaikan dakwahnya dibutuhkan sebuah konsep agar proses dakwahnya berjalan dengan sempurna; 3) pendekatan seorang pelaku atau subyek dakwah sangat diperlukan untuk memperhatikan aspek sosial budaya yang berlaku pada masyarakat agar materi yang disampaikan muda dipahamai dan dimengerti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:10
Last Modified: 18 Aug 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28381

Actions (login required)

View Item View Item