Wati, Takrid Mey Dinda (2016) Komunikasi Interpersonal Santri Entrepreneur di Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
TAKRID MEY DINDA WATI_082 121 067.pdf Download (1MB) |
Abstract
Komunikasi interpersonal merupakan suatu aspek yang penting, proses pengiriman dan penerimaan informasi di antara dua orang dengan berbagai efek dan umpan balik. Melalui komunikasi ini berkembang sebuah hubungan antar manusia, bagaimana hubungan terbentuk dan bagaimana hubungan berakhir. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: a) Bagaimana komunikasi interpersonal self disclosure santri entrepreneur di Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember, b) Bagaimana komunikasi interpersonal social penetration santri entrepreneur di Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember, c) Bagaimana komunikasi interpersonal social exchange santri entrepreneur di Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember. Secara praktis penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Komunikasi Interpersonal Santri Entrepreneur di Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember, kemudian komunikasi interpersonal ini dapat terus ditingkatkan melalui hubungan yang akrab kepada konsumen dan supplier yang dilakukan santri entrepreneur setiap hari. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dengan pendekatan eksploratif, dengan menggunakan metode ini maka penelitian dapat disajikan secara lugas, detail dan objektif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi, adapun keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Komunikasi senantiasa menghasilkan hubungan. komunikasi menimbulkan hubungan timbal balik antara satu pihak dengan pihak lain yang berkomunikasi, a) Komunikasi interpersonal self disclosure santri entrepreneur di Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember memberi informasi melalui ungkapan dan tindakan, keterbukaan informasi di berikan komunikator (santri entrepreneur) kepada komunikan (konsumen dan supplier), b) Komunikasi Interpersonal social penetration, berinteraksi dengan konsumen dan suplyer secara bertahap dari perkenalan basa basi hingga menjadi hubugan yang akrab dengan komunikan (konsumen dan supplier), c) Komunikasi interpersonal social exchange, berorientasi pada hubungan yang dievaluasi dengan mempertimbangkan konsekuensi, dapat mengetahui kekurangan dari suatu hubungan dengan konsumen dan supplier. Kata Kunci: Entrepreneur, Komunikasi Interpersonal, Kualitatif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 07:12 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 07:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28384 |
Actions (login required)
View Item |