Lestari, Anggun tri (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DISLEKSIA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV, V DAN VI DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAR LICIN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.
Text
watermak anggun tri.pdf Download (4MB) |
Abstract
ANGGUN TRI LESTARI, 2023: “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Disleksia
Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iv, V Dan Vi Di Mi Miftahul Huda Banjar Licin
Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022-2023”.
Kata Kunci: Strategi guru, kesulitan belajar disleksia.
MI Miftahul Huda merupakan Lembaga yang memiliki beberapa kesulitan yang unik
diantaranya yaitu kesulitan belajar disleksia siswa, dimana pada kesulitan tersebut
mengharuskan guru untuk kreatif dalam menyampaikan pembelajarannya.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan strategi yang dilakukan guru
dalam mengatasi kesulitan belajar anak disleksia pada pembelajaran tematik kelas IV, V dan
VI di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Banjar Licin Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022-
2023? 2) Apa saja kendala dan solusi yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan strategi
pada anak yang mengalami kesulitan belajar disleksia pada pembelajaran tematik kelas IV,
V dan VI di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Banjar Licin Banyuwangi Tahun Pelajaran
2022-2023?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi yang dialakukan
guru dalam mengatasi kesulitan belajar anak disleksia pada pembelajaran tematik kelas atas
di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Banjar Licin Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022-
2023. 2) Untuk mengetahui kendala dan solusi yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan
strategi pada anak yang mengalami kesulitan belajar disleksia pada pembelajaran tematik
kelas atas di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Banjar Licin Banyuwangi Tahun Pelajaran
2022-2023.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif
dengan jenis studi kasus. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik analisi data
menggunakan model Miles and Huberman yakni kondensasi data, penyajian data dan
kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulagi sumber dan
Teknik.
Temuan dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi guru yang digunakan
dalam menangani kesulitan belajar disleksia yaitu, 1). Untuk kelas IV guru Memberikan jam
tambahan, dan metode visual/ gambar 2). Untuk kelas V guru memberikan Jam tambahan,
metode visual/ gambar, dan metode membaca cepat 3). Untuk kelas V guru memberikan Jam
tambahan, dan metode membaca bergantian. Dalam penerapan strategi guru terdapat
beberapa kendala yaitu 1). Siswa yang jarang hadir saat jam tambahan 2). Sulit menangkap
hal-hal yang diajarkan karena tidak fokus 3). Lingkungan sekitar. Solusi yang ditemukan
untuk mengatasi kendala tersebut yaitu 1). melakukan kerja sama dengan orang tua peserta
didik 2). Melatih fokus anak saat belajar 3). melakukan rapat bulanan guru untuk membahas
hal tersebut dengan wali murid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1905 Visual Arts and Crafts > 190599 Visual Arts and Crafts not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mis Anggun Tri lestari |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 04:33 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 04:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28415 |
Actions (login required)
View Item |