أندرايا, أأن (2017) Penyiapan Bahan Ajar Pelajaran Bahasa Arab untuk Kelas Akselerasi di Mts Negeri Lumajang.Tesis. Progam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember.Pembimbing I: Dr. Aminullah, M.Ag. Pembimbing II: Dr. Imam Bonjol Jauhari M.Si. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
أأن أندرايا_8094029880.pdf Download (15MB) |
Abstract
Kata kunci: Bahan Ajar, Kelas Akselerasi, Madrsah Tsanawiyah. Madrasah Tsanawiyah Negeri Lumajang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bercirikan keislaman yang selalu proaktif dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Saat ini Madrasah Tsanawiyah Negeri Lumajang menyelenggarakan progam akselerasi. Progam Akselerasi adalah progam percepatan yang dikhususkan bagi siswa yang memiliki kecerdasan diatas rata rata. Untuk mencapai target yang diharapkan dalam pembelajaran bahasa arab sekaligus memudahkan guru dalam proses pembelajaran bahasa Arab di kelas akselerasi maka diperlukan bahan ajar yang dirancang khusus untuk siswa kelas akselerasi karena waktu belajar yang dtempuh siswa progam ini adalah 6 tahun. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (0). Langkah apa yang digunakan dalam penyusunan bahan ajar bahasa arab untuk kelas akselerasi di MtsN Lumajang (6). Bagaimana gamabaran bahan ajar yang sesuai untuk kelas akselerasi (3). Bagaimana efektifitas bahan ajar bahasa Arab untuk kelas akselerasi di MtsN Lumajang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah apa saja yang digunakan dalam menyusun bahan ajar untuk siswa kelas akselerasi, mengetahui gambaran bahan ajar yang sesuai untuk siswa kelas akselerasi dan untuk mengetahui efektifitas bahan ajar bahasa Arab untuk siswa kelas akselerasi di MtsN Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas akselerasi I tahun ajaran 6102/6102 dan penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian research and development (R&D) tahapan penelitian hanya sampai pada tahap uji coba produk awal yaitu untuk mengetahui efektifitas produk setelah rancangan produk dinilai oleh ahli dan diperbaiki. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi,wawancara,angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: A.Tahapan yang digunakan dalam menyusun bahan ajar adalah (0) analisis kurikulum,(6) menyusun peta kebutuhan siswa (3) Menentukan judul materi B.terhadap buku yang dikembangkan untuk siswa kelas akselerasi guru memberikan respon yang positif karena memudahkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran .Penilaian ahli terhadap materi yang disajikan untuk siswa akselerasi dengan katagori baik,. Hasil bahan ajar yang dikembangkan membantu memudahkan siswa dalam belajar bahasa arab khususnya kelas akselerasi yaitu dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan nilai skor 5.82 % dengan katagori baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200314 South-East Asian Languages (excl. Indonesian) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 01:40 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 01:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28449 |
Actions (login required)
View Item |