Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi Di Kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Kabupaten Jember

Milatul Afifah, Milatul Afifah (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi Di Kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Milatul Afifah _T201910034.pdf

Download (5MB)

Abstract

Milatul Afifah, 2023: Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada
Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Di Kelas VIII SMP Plus Darus Sholah
Kabupaten Jember
Kata Kunci: Bunyi, Gelombang, Getaran, Media pembelajaran, Pop-Up Book
Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran Pop-Up Book pada
mata pelajaran IPA materi getaran, gelombang, dan bunyi di kelas SMP Plus
Darus Sholah Kabupaten Jember. ketika proses pembelajaran siswa sering
mengalami interferensi berpikir dalam memahami gelombang longitudinal dan
gelombang transversal. Upaya guru dalam menangani kesulitan siswa ini dengan
memberikan soal Latihan dan pretest. Selain itu, guru juga banyak menggunakan
media pembelajaran papan tulis, LKPD berbasis booklet, buku cetak dan
flashcard. Diharapkan media pembelajaran Pop-Up Book yang disajikan berupa
buku dengan gambar yang bisa bergerak serta penjelasan materi dan contoh
getaran, gelombang, dan bunyi. Sehingga, tampilan pada Pop-Up Book dapat
menarik siswa untuk belajar memahami dan mengingat materi. Siswa juga dapat
belajar sambil bermain karena penyajian buku dengan unsur 2 atau 3 dimensi
yang bisa bergerak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana hasil validitas
media pembelajaran Pop-Up Book pada Mata pelajaran IPA materi getaran,
gelombang, dan bunyi kelas VIII? (2) Bagaimana respons siswa terhadap
pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book pada materi getaran,
gelombang, dan bunyi?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui
validitas media pembelajaran Pop-Up Book pada Mata pelajaran IPA materi
getaran, gelombang, dan bunyi kelas VIII (2) untuk mengetahui respons siswa
terhadap penggunaan media pembelajaran Pop-Up Book pada materi getaran,
gelombang, dan bunyi.
Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode
pengembangan dan penelitian (R&D) berbentuk Model ADDIE. Dimana, Model
pengembangan ADDIE ini mencakup 5 tahapan yakni (1) Analisis (Analysis),
dilakukan untuk memproleh informasi dan mengidentifikasi masalah yang terjadi
dalam proses pembelajaran (2) Desain (Design),dilakukan untuk pembuatan
produk berupa media pembelajaran Pop-Up Book (3) Pengembangan
(Development), dilakukan untuk memvalidasi produk yang telah dibuat kepada
ahli materi, ahli media dan pengguna (guru) (4) Implementasi (Implementation),
dilakukan untuk mengetahui respons siswa terhadap pengembangan media
pembelajaran Pop-Up Book (5) Evaluasi (Evaluasi), berupa formatif yakni
mengevaluasi media pembelajaran Pop-Up Book berdasarkan kritik, saran dan
komentar dari para validasi ahli dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan perolehan persentase dari validasi materi
adalah 94% dengan kategori sangat valid, validasi media adalah 91% dengan
kategori sangat valid, dan validasi pengguna adalah 92% dengan kategori sangat
valid. Sementara itu, pada respon siswa skala kecil memperoleh persentase 91,6 %
dan respon skala besar adalah 84% dengan kategori kedua hasil respons siswa
adalah sangat valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029903 Medical Physics
Depositing User: Milatul Afifah Afifah
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:21
Last Modified: 04 Oct 2023 03:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28611

Actions (login required)

View Item View Item