Pengaruh Model Pembelajaran MURDER berbantuan Permainan PAKARTUS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koordinat di SMPS As Syafi'i Rambipuji Jember

Ummaimah, Husna (2023) Pengaruh Model Pembelajaran MURDER berbantuan Permainan PAKARTUS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koordinat di SMPS As Syafi'i Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HUSNA UMMAIMAH_T20197023_Tadris Matematika.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK
Husna Ummaimah, 2023: Pengaruh Model Pembelajaran MURDER berbantuan Permainan PAKARTUS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koordinat di SMPS As Syafi'i Rambipuji Jember
Kata Kunci: Model Pembelajaran MURDER, Pemecahan Masalah, dan Minat Belajar.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar peserta didik pada pembelajaran matematika, Peserta didik belum mampu menyelesaikan soal dengan baik. Minat mempunyai peran penting dalam keberhasilan belajar. Sehingga minat yang berbeda diantara peserta didik dapat mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah matematika.
Rumusan Masalah dari penelitian ini yaitu 1) Bagaimana pemecahan masalah dan minat belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran di sekolah sebelumnya ?. 2) Bagaimana pemecahan masalah dan minat belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Murder berbantuan permainan Pakartus terhadap materi sistem koordinat?. 3) Apakah terdapat perbedaan pemecahan masalah dan minat belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran di sekolah dengan menggunakan model pembelajaran Murder berbantuan permainan Pakartus terhadap materi sistem koordinat?
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui pemecahan masalah dan minat belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran di sekolah sebelumnya. 2) Mengetahui pemecahan masalah dan minat belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Murder berbantuan permainan Pakartus pada materi sistem koordinat 3) Mengetahui perbedaan pemecahan masalah dan minat belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran di sekolah dan peserta didik yang dibelajarkan Murder berbantuan permainan Pakartus terhadap materi sistem koordinat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian One-Grup-Pretest-Posstest. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPS As-Syafi’i Rambipuji JemberJemberJember tahun pelajaran 2022/2023. Untuk mendapatkan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi Teknik analisis data menggunakan analisis statistik uji paired sample t test
Hasil penelitian diperoleh bahwa sebelum model pembelajaran murder diterapkan, rata-rata pelmelcahan masalah peserta didik sebesar 44,5 dan rata-rata minat bellajar peserta didik sebesar 75. Seltellah modell pelmbellajaran mulrdelr diterapkan, rata-rata pemecahan masalah peserta didik sebesar 77,4 dan rata-rata minat bellajar peserta didik sebesar 85,5. Telrdapat pelrbeldaan yang signifikan pemecahan masalah dan minat belajar selbellulm dan selsuldah ditelrapkan modell pelmbellajaran mulrdelr delngan nilai sig tels pelmelcahan masalah adalah 0,000 < 0,05 seldangkan nilai sig minat bellajar adalah 0,020 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010503 Mathematical Aspects of Classical Mechanics, Quantum Mechanics and Quantum Information Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nn. Husna Ummaimah
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:08
Last Modified: 09 Oct 2023 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28625

Actions (login required)

View Item View Item