Minat Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Terhadap Profesi Jurnalis

Suliana, Anna (2023) Minat Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Terhadap Profesi Jurnalis. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SULIANA_D20191137.pdf

Download (17MB)

Abstract

Suliana, 2023 : Minat Mahasiswa Prgram Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember Terhadap Profesi Jurnalis.

Kata Kunci : Minat Mahasiswa KPI, Profesi Jurnalis

Peminat mahasiswa di Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, cenderung lebih banyak daripada prodi-prodi lain yang ada di Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember. Mengingat Prodi KPI ada dibawah naungan Fakultas Dakwah jika dilihat dari Visi dan Misi yang ada maka bisa dipastikan bahwa mahasiswa lulusan Fakultas Dakwah tidak hanya bisa menjadi pendakwah yang ada di masjid saja. Mata kuliah yang diajarkan dari semester dua yang disediakan di Prodi KPI Fakultas Dakwah juga sangatlah mendorong dan mendukung mahasiswanya untuk memudahkan bergerak dibidang jurnalistik. Artinya secara postur kurikulum porsi mata kuliah terkait jurnalistik sudah sangat memadai jika digunakan untuk pelatihan dan asahan agar bisa menjadi seorang jurnalis yang memiliki integritas yang tinggi. Namun realita yang ada masih sedikit mahasiswa KPI yang minat di Profesi Jurnalis.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana minat mahasiswa prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN KHAS Jember terhadap profesi Jurnalis? 2) Apakah ada keterkaitan antara Mata Kuliah yang diajarkan dalam prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN KHAS Jember dengan pilihan profesi Jurnalis?. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan Jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Koesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian link google forms disebar melalui grup wa, chat pribadi dan lain-lain sesuai target responden. Teknik analisis data untuk mencari hipotesis ialah dengan Uji Normalitas dan Uji Linearitas sebagai syarat Uji Regresi Linier sederhana.
Hasil dari kesimpulan adalah Hipotesis Alternatif (Ha) ditolak dan Hipotesis Nihil (Ho) diterima. Sesuai data yang sudah diolah pada Uji t. Hasil nilai dari t hitung sebesar 0,758 dan t tabel sebesar 1,993, artinya nilai t hitung lebih kecil daripada t tabel (0,758 < 1,993). Hasil uji hipotesis ini berbunyi “Mahasiswa KPI-UIN KHAS Jember tidak minat terhadap Profesi Jurnalis”, serta tidak ada perbedaan antara jawaban mahasiswa KPI 2019 dan KPI 2020. Jawaban dari hasil rumusan masalah yang kedua jika dilihat dari attachment theory,atau teori keterikatan oleh John Bowlby, respon mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah jurnalistik yang diajarkan dalam kampus ternyata tidak bisa membuat mahasiswa untuk memilih atau berminat terhadap profesi jurnalis, artinya tidak ada perilaku keterikatan (attachment behaviors) antara mata kuliah yang diajarkan dengan bagaimana mahasiswa memilih profesi jurnalis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100503 Computer Communications Networks
10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100506 Optical Fibre Communications
10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100599 Communications Technologies not elsewhere classified
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190301 Journalism Studies
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190302 Professional Writing
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190303 Technical Writing
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190399 Journalism and Professional Writing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Suliana D20191137 Siniszter
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:23
Last Modified: 12 Oct 2023 03:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28677

Actions (login required)

View Item View Item