Pengembangan E-LKPD Liveworksheets berbasis PBL (Problem Based Learning) pada materi perubahan lingkungan untuk siswa kelas X SMAN 1 Glenmore Banyuwangi

Mahardini, Ayda (2023) Pengembangan E-LKPD Liveworksheets berbasis PBL (Problem Based Learning) pada materi perubahan lingkungan untuk siswa kelas X SMAN 1 Glenmore Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AYDA MAHARDINI_T20198128_SKRIPSI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Ayda Mahardini. 2023. Pengembangan E-LKPD Liveworksheet Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Siswa Kelas X SMAN 1 Glenmore.
Kata Kunci : E-LKPD, Berbasis Problem Based Learning (PBL), Perubahan Lingkungan

Hasil wawancara dengan guru biologi SMAN Glenmore diketahui bahwa Hasil belajar siswa kelas X masih tergolong rendah dan mengalami kesulitan pada materi perubahan lingkungan yang identik dengan persoalan analisa, bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran hanya terbatas pada buku pemerintah, buku
perpus, dan PPT, yang didalamnya belum dimunculkan kegiatan belajar yang dapat membantu memaksimalkan siswa untuk berlatih pembelajaran yang berbasiskan masalah. Berdasarkan analisis kebutuhan siswa, sebanyak 52,9% mengaku akan mengalami kesulitan memahami materi perubahan lingkungan
karena bahan ajar yang digunakan disekolah. Dan sebanyak 88,2% lebih menyukai bahan ajar elektronik. Sehingga perlu inovasi bahan ajar yang lebih menarik dan memenuhi kebutuhan siswa. Tujuan dari penelitian ini yakni : 1) Mengukur tingkat kevalidan E-LKPD Liveworksheet berbasis PBL pada materi perubahan lingkungan untuk siswa kelas X SMAN 1 Glenmore. 2) Mengetahui tingkat kepraktisan E-LKPD Liveworksheet berbasis PBL pada materi perubahan lingkungan untuk siswa kelas X SMAN 1 Glenmore. 3) Menganalisis keefektifan E-LKPD Liveworksheet berbasis PBL pada materi perubahan lingkungan untuk siswa kelas X SMAN 1 Glenmore.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan yakni ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan : Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar angket, lembar pretest posttest, dan
pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dari persentase hasil validasi ahli, persentase kepraktisan, tingkat keefektifan dari uji Wilcoxon dan N-Gain, serta analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkah bahwa : 1) Hasil validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan guru biologi diperoleh persentase rata-rata sebesar 98%, 92,25%, 95,83%, dan 100% dengan kategori sangat valid, 2) Hasil persentase
respon siswa yakni sebesar 85,09% dan dikategorikan sangat baik, 3) Hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai sig. 0,000<0,05 dan nilai N-Gain sebesar 0,83. Oleh karena itu, bahan ajar E-LKPD Livewroksheet berbasis PBL pada materi
perubahan lingkungan efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Ayda Mahardini uinkhasjember
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:50
Last Modified: 12 Oct 2023 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28678

Actions (login required)

View Item View Item