Wahyuningrum, Ernanda Cindy (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Liveworksheet Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri Tenggarang 1 Bondowoso Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ernanda Cindy Wahyuningrum _T20194121.pdf Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ernanda Cindy Wahyuningrum, 2023 : Pengembangan Lembar Kerja Peserta
Didik Berbasis Liveworksheet pada Pembelajaran Matematika Kelas IV
di Sekolah Dasar Negeri Tenggarang 1 Bondowoso Tahun Ajaran
2022/2023
Kata kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Liveworksheet, Pembelajaran
Matematika
Lembar kerja peserta didik berbasis liveworksheet sebagai bentuk media
pembelajaran berbasis teknologi sangat diperlukan agar peserta didik tidak hanya
berfokus dengan penjelasan guru dan sebagai penunjang pembelajaran agar tidak
monoton. Berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Dewi Mukaromah, S.Pd.SD
selaku guru kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tenggarang 1 Bondowoso, media
berbasis teknologi yang digunakan adalah power point, video bergambar, serta
bentuk - bentuk visual terkait bangun datar. Dalam pemberian tugas, guru hanya
menggunakan lks saja.
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan lembar kerja
peserta didik berbasis liveworksheet pada pembelajaran matematika kelas IV di
Sekolah Dasar Negeri Tenggarang 1 Bondowoso tahun ajaran 2022/2023, (2)
Bagaimana kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis liveworksheet pada
pembelajaran matematika kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Tenggarang 1
Bondowoso tahun ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian dan pengembangan ini
adalah (1) Untuk menghasilkan produk berupa lembar kerja peserta didik berbasis
liveworksheet pada pembelajaran matematika kelas IV di Sekolah Dasar Negeri
Tenggarang 1 Bondowoso tahun ajaran 2022/2023, (2) Untuk mengetahui
kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis liveworksheet pada pembelajaran
matematika kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Tenggarang 1 Bondowoso tahun
ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau
Research and Development (R&D). Model penelitian dan pengembangan ini
menggunakan ADDIE, yang terdiri dari Analisis (analysis), Desain (design),
Pengembangan (development), Implementasi (implementation), dan Evaluasi
(evaluation). Jenis data dalam penelitian dan pengembangan berupa data kualitatif
dan data kuantitatif.
Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa
lembar kerja peserta didik berbasis liveworksheet pada pembelajaran matematika
dengan hasil validasi dari validator ahli media 95 %, hasil validasi dari validator
ahli materi 96 %, dan hasil validasi dari validator ahli praktisi (guru kelas IV)
95 % dengan kategori sangat valid dari setiap hasil persentase validator. Hasil
persentase uji coba respon siswa skala kecil dengan jumlah 6 peserta didik di
dapat 87 % dan uji coba respon siswa skala besar dengan jumlah 28 peserta didik
di dapat 89 % dengan kategori sangat layak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ernanda Cindy Wahyuningrum |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 01:48 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 01:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28681 |
Actions (login required)
View Item |