Pengaruh Harga, Testimoni Customer dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee

Mukhlishah, Rif'atul (2023) Pengaruh Harga, Testimoni Customer dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIF’ATUL MUKHLISHAH _E20192022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Terciptanya beberapa aplikasi e-commerce di Indonesia memperlihatkan
bahwa di zaman modern ini, perilaku belanja dan metode komunikasi konsumen
telah berbeda. Belanja online kini telah menjadi trend di masyarakat. Perubahan
perilaku konsumen berawal dari kebiasaan berbelanja masyarakat yang mulanya
berbelanja secara langsung di mall atau di pasar terdekat, sedangkan pada saat ini
konsumen lebih senang berbelanja secara daring atau online. Hal inilah yang
menyebabkan berbelanja online menjadi trend yang sangat digemari semua
kalangan di Indonesia pada saat ini. Beberapa faktor yang diperhatikan saat
melakukan transaksi secara online adalah harga, testimoni customer dan kualitas
produk.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah harga, testimoni
customer dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap
keputusan pembelian produk di Marketplace Shopee? 2) Apakah harga, testimoni
customer dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara simultan terhadap
keputusan pembelian produk di Marketplace Shopee?
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui harga, testimoni
customer dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap
keputusan pembelian produk di marketplace Shopee. 2)Untuk mengetahui harga,
testimoni customer dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara simultan
terhadap keputusan pembelian produk di marketplace Shopee.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis
penelitian survei. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner
kepada responden. Data primer yang didapatkan dengan pengisian kuesioner
penelitian. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen penelitian, uji
statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, uji koefisien
determinasi (R2
) dan uji asumsi klasik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) hasil uji t (parsial) dari
variabel harga dengan nilai thitung > ttabel (2,289>1,984), testimoni customer thitung >
ttabel (2,161>1,984) dan kualitas produk thitung > ttabel (5,750>1,984), berpengaruh
signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee. 2)
untuk hasil dari uji f (simultan) variabel harga, testimoni customer dan kualitas
produk juga berpengaruh signifikan dengan nilai fhitung > ftabel (29,459>2,70)
dengan nilai f <0,05 (0,000<0,05).

Kata Kunci: Harga, Testimoni Customer, Kualitas Produk dan Keputusan
Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rif'atul Mukhlishah
Date Deposited: 19 Oct 2023 04:22
Last Modified: 19 Oct 2023 04:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28823

Actions (login required)

View Item View Item