Hajijah, Wafik and Hajijah, Wafik (2023) PENGARUH HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS MERAH ORGANIK MEREK SEBLANG (PT SIRTANIO DESA SUMBERBARU KABUPATEN BANYUWANGI). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.
Text
Wafik Hajijah_E20192122.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sektor pertanian merupakan sektor yang mempunyai peranan penting dalam mengembangkan perekonomian di Indonesia, karena Indonesia merupakan salah satu
negara yang memiliki hasil bumi yang melimpah yang dimana sebagian besar pendapatannya didapat dari hasil pertanian. Umumnya hasil pertanian yang paling banyak dikonsumsi masyarakat yaitu beras (kebutuhan pokok). Terdapat dua jenis beras yang paling banyak dipasaran khususnya di kota Banyuwangi antara lain beras putih dan beras merah, awalnya beras putih merupakan komoditas utama yang paling banyak peminatnya di kota Banyuwangi namun dengan seiringnya waktu beras merah Organik juga mulai diminati masyarakat di kota Banyuwangi khususnya di Desa Sumberbaru Kecamatan Singojuruh. Beras merah Organik merupakan beras khusus untuk Kesehatan karena
memiliki beberapa manfaat bagi tubuh konsumennya, yang pertama membantu mengontrol berat badan, kedua melancarkan pencernaan, mengontrol kadar gula darah,
mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular (penyakit jantung coroner), mengurangi risiko terkena kanker. Saat ini minat terhadap konsumsi beras merah mulai meningkat namun untuk produsen beras merah masih minim yang menyebabkan harga beras merah masih relatif lebih mahal. Selain itu Harga dan Brand Image beras merah Organik sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian untuk konsumen.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: a) Apakah ada pengaruh Harga
terhadap keputusan pembelian beras merah organik, b) Apakah ada pengaruh Brand
Image terhadap keputusan pembelian beras merah organik, c) Apakah ada pengaruh
Harga dan Brand Image terhadap keputusan pembelian beras merah organik.
Pendekatan penelitian kuantitatif merupakan metode penelitian yang diartikan sebagai metode yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data yang bersifat statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Harga dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian diukur dengan cara menyebar kuesioner kepada 307 konsumen dan menggunakan Teknik accidental sampling. Adapun analisis data kuantitatif yang digunakan meliputi Uji Instrumen penelitian atau Uji kualitas data (Validitas, Reliabilitas), Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas, Uji
Heteroskedasitas), Uji Regresi Linier Berganda, Uji Hipotesis (Uji T dan Uji F), dan Uji Koefisien Determinasi R2.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Harga berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Beras Merah Organik Merek Seblang di PT Sirtanio, 2) Brand
Image berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Beras Merah Organik Merek Seblang di PT Sirtanio, 3) Harga, Brand Image berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian Beras Merah Organik PT Sirtanio.
Kata Kunci: Pengaruh Harga, Brand Image, Terhadap Keputusan Pembelian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100504 Data Communications 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Wafik Suryono |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 01:16 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 01:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28873 |
Actions (login required)
View Item |