Nurul Fajriyah, Miftahun (2023) PENGARUH TABUNGAN MIKRO FITRI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MENINGKATNYA NASABAH DI BPR RAMBI ARTHA PUTRA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Miftahun Nurul Fajriyah _E20191148.pdf Download (4MB) |
Abstract
Miftahun Nurul Fajriyah, Mohammad Mirza Pratama, S.ST.,M.M 2023 : Pengaruh Tabungan Mikro Fitri dan Kualitas Pelayanan Terhadap Meningkatnya Nasabah di BPR Rambi Artha Putra.
Tabungan merupakan instrumen penghimpun dana yang populer di kalangan masyarakat. Hampir seluruh lapisan masyarakat dapat membuka rekening tabungan karena persyaratan yang relatif lebih mudah dan saldo awal yang tidak terlalu besar. Hal tersebut tercermin dari jumlah rekening tabungan per Desember 2022 yang memiliki jumlah terbesar dibandingkan jenis simpanan lain (Lembaga Penjamin Simpanan, 2022). Tabungan Mikro Fitri adalah sebuah simpanan dalam bentuk tabungan berjangka yang merupakan simpanan untuk membantu persiapan keperluan hari raya. Simpanan ini merupakan sebuah tabungan berjangka yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu yang telah ditetapkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Tabungan Mikro Fitri dan Kualitas Pelayanan Terhadap Meningkatnya Nasabah di BPR Rambi Artha Putra. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif .Populasi dalam penelitian ini seluruh nasabah Tabungan Mikro Fitri PT BPR Rambi Artha Putra yang berjumlah 95 sampel. Teknik pengumpulan yaitu dengan cara penyebaran kuesioner kepada nasabah (responden). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji koefisien determinasi dan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil dari uji t dan uji f dapat disimpulkan bahwa tabungan mikro fitri dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap meningkatnya nasabah di BPR Rambi Artha Putra. Hasil dari pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t hitung dan nilai t tabel, tabungan mikro fitri sebesar (2.339 > 0.018), kualitas pelayanan sebesar (2.837 > 0.006), berdasarkan hasil uji F yakni sebesar (14.479 > 0.00). hasil dari uji R2 yaitu sebesar 23,9% dan sisanya (100% - 23,9% = 76,1%) dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Tabungan mikro fitri, kualitas pelayanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Miftahun Nurul Fajriyah |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 07:36 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 07:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28930 |
Actions (login required)
View Item |