Pengaruh Persepsi Religiusitas dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan dan Komitmen Nasabah Koperasi BMT UGT Sidogiri Kantor Kas Tempurejo

Mu’awanah, Ms (2019) Pengaruh Persepsi Religiusitas dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan dan Komitmen Nasabah Koperasi BMT UGT Sidogiri Kantor Kas Tempurejo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mu’awanah_0839134012.pdf

Download (6MB)

Abstract

Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) merupakan salah satu bentuk lembaga keuangan syariah non bank yang banyak ditemui di masyarakat. BMT dalam istilah Indonesia disebut juga Balai Usaha Mandiri Terpadu yang semua kegiatan usahanya dijalankan berdasarkan pada sistem syariah (prinsip-prinsip syariah). Perbedaan paling pokok lembaga keuangan konvensional dengan lembaga keuangan syariah adalah penetapan sistem bagi hasil sebagai alternatif dari sistem bunga. Bunga dalam Islam secara tegas tidak diperbolehkan. Karena bunga dianggap sebagai riba dan riba dilarang di dalam Islam. Latar belakang dari judul yang saya ambil ini adalah berkaitan dengan semakin banyaknya BMT Sidogiri ataupun BMT-BMT yang lain yang semakin bermunculan sehingga timbul keinginan untuk meneliti seberapa besar kualitas yang dimiliki perusahaan tersebut dan seberapa kuat nilai-nilai keagamaan sehingga menarik banyak nasabah untuk mempercayakan keuangannya di BMT tersebut dan berkomitmen untuk terus berhubungan dengan BMT tersebut sampai masa yang selanjutnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah persepsi religiusitas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan nasabah BMT Sidogiri Kantor Kas Tempurejo? Kemudian apakah persepsi kualitas layanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan?. Apakah persepsi religiusitas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen?. Apakah persepsi kualitas layanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen? apakah kepercayaan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen? vii Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah, yaitu persepsi Religiusitas (XI) , Kualitas Layanan (X2), Kepercayaan (Y1), dan Komitmen (Y2). Pengmbilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidential sampling responden dipilih berdasarkan nasabah bank yang datang pada jam-jam pengambilan sampel. Jam pengambilan sampel ditentukan antara jam 09.00 sampai dengan 11.00 WIB Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas dan kualitas layanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan.dibuktikan dengan uji validitas dan reliabilitas yang menunjukkan tingkat signifikan yang valid dan reliable. Kemudian Religiusitas, kualitas layanan, dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen. Kata Kunci: Persepsi Religiusitas, Kualitas Layanan, Kepercayaan, Komitmen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 25 Oct 2023 09:34
Last Modified: 25 Oct 2023 09:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28962

Actions (login required)

View Item View Item