FAIS ALI, AHMAD (2016) KEBIJAKAN PIMPINAN PONDOK PESANTREN AL-HASAN DALAM MENGEMBANGKAN MI BUSTANUL ULUM KEMIRI PANTI JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
AHMAD FAIS ALI_0849113046.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci: Kebijakan. Kepemimpinan, Pondok Pesantren MI Bustanul Ulum sebagai pendidikan yang menerapkan respon kelembagaan terhadap pluralitas. Lembaga ini telah mampu meningkatkan mutu pendidikannya karena peran aktif seorang pemimpin atau kebijakan yang diterapkannya. Oleh karena itu, menarik bagi penulis untuk meneliti proses pengambilan kebijakannya. Berangkat dari persoalan diatas, fokus masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pengambilan kebijakan Pengembangan MI Bustanul Ulum di Pondok Pesantren “AL-Hasan” Kemiri Panti Jember? 2) Bagaimana kebijakan Pimpinan Pondok Pesantren AL – Hasan dalam mengembangkan MI Bustanul Ulum Kemiri Panti Jember?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses pengambilan kebijakan Pengembangan MI Bustanul Ulum di Pondok Pesantren “Al-Hasan” Kemiri Panti Jember. 2) Mendeskripsikan kebijakan Pimpinan Pondok Pesantren AL – Hasan dalam mengembangkan MI Bustanul Ulum Kemiri Panti Jember. Penelitian ini melalui tahapan prosedur penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Sedangkan pengumpulan data dengan metode observasi, interview dan dokumentasi. Dalam analisa data, peneliti menggunakan prosedur reflektif dan diuji validitas datanya dengan metode triangulasi. Hasil temuan penelitian yang dilaksanakan di MI Bustanul Ulum meliputi: 1) Proses pengambilan kebijakan pengembangan MI Bustanul Ulum di Pondok Pesantren Al Hasan menggunakan gaya perilaku dengan indikator sebagai berikut: bawahan diberi kesempatan untuk menentukan kebiajkan pada hal-hal yang bersifat teknis, mengedepankan musyawarah, menerima aspirasi, saran dan kritik bawahan dan menjalin hubungan harmonis dengan masyarakat. 2) Kebijakan pimpinan Pondok Pesantren Al Hasan dalam mengembangkan MI Bustanul Ulum Kemiri Panti Jember memiliki 3 komponen yaitu 1)Kendala yang dihadapi dalam pengambilan kebijakan adalah: penyetaraan visi dan misi yang selalu berkembangdi MI Bustanul Ulum, usia dan pengalaman pimpinan yang efektif adalah mempunyai skil yang bisa diandalkan. 2)Langkah-langkah penerapan kebijakan yang diambil dalam mengembangkan MI Bustanul Ulum adalah: adanya proses kompetisi alami, pembinaan mental spiritual, peningkatan profesionalitas, diskusi kelompok dan menciptakan inovasi guna menarik minat belajar siswa dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 07:02 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 07:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29004 |
Actions (login required)
View Item |