PENGEMBANGAN MEDIA CULTURE BOX (KOTAK KEBUDAYAAN) PADA MATERI ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL KELAS IV DI SEKOLAH DASAR SWASTA PLUS AL-QODIRI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Zannah Ria, GM. Rizka (2023) PENGEMBANGAN MEDIA CULTURE BOX (KOTAK KEBUDAYAAN) PADA MATERI ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL KELAS IV DI SEKOLAH DASAR SWASTA PLUS AL-QODIRI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
GM. RIZKA ZANNAH RIA_T20194045 (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
GM. Rizka Zannah Ria, 2023: Pengembangan Media Culture Box (Kotak
Kebudayaan) Pada Materi Ilmu pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV Di
Sekolah Dasar Swasta Plus AL-Qodiri Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Media, Culture Box (Kotak Kebudayaan), Pembelajaran IPAS
Kurangnya penggunaan media pembelajaran oleh guru menyebabkan
kesulitan dalam memusatkan perhatian peserta didik pada proses pembelajaran.
Hal ini menyebabkan peserta didik merasa bosan dan sulit memahami materi
dalam Pembelajaran IPAS. Maka dari itu perlu dikembangan media pembelajaran
yang menarik untuk meningkatkan semangat peserta didik dan antusias dalam
belajar agar pembelajaran menjadi lebih efektif. Media culture box (kotak
kebudayaan) merupakan media yang dapat diterapkan pada pembelajaran dikelas
IV B pada SDS Plus AL-Qodiri Jember.
Dalam pengembangan media culture box (kotak kebudayaan) memiliki
beberapa rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana pengembangan media culture box
(kotak kebudayaan) pada materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial kelas IV di
Sekolah Dasar Swasta Plus Al-Qodiri Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 ?, (2)
Bagaimana kelayakan media culture box (kotak kebudayaan) pada materi Ilmu
Pengetahuan Alam dan Sosial kelas IV di Sekolah Dasar Swasta Plus Al-Qodiri
Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 ?, (3) Bagaimana keefektifan media culture
box (kotak kebudayaan) pada materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial kelas IV
di Sekolah Dasar Swasta Plus Al-Qodiri Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 ?.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pengembangan media
culture box (kotak kebudayaan) pada materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial
kelas IV di Sekolah Dasar Swasta Plus Al-Qodiri Jember Tahun Pelajaran
2022/2023, (2) Untuk mengetahui kelayakan media culture box (kotak
kebudayaan) pada materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial kelas IV di Sekolah
Dasar Swasta Plus Al-Qodiri Jember Tahun Pelajaran 2022/2023, (3) Untuk
menguji keefektifan media culture box (kotak kebudayaan) pada materi Ilmu
Pengetahuan Alam dan Sosial kelas IV di Sekolah Dasar Swasta Plus Al-Qodiri
Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan R&D
dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari metode Analisis, Desain,
Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, angket (kuisioner), dan dokumentasi.
Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan jika (1) Produk yang
dihasilkan dari pengembangan media ini adalah media culture box (kotak
kebudayaan) yang digunakan pada kelas IV B materi IPAS Bab 6 Topik B (2)
Hasil kelayakan media culture box (kotak kebudayaan) berdasarkan uji validasi
yaitu validasi dari ahli media sebesar 88 %. Validasi oleh ahli materi sebesar
90,67 %, validasi instrumen soal 94 % serta validasi ahli pembelajaran sebesar
92,38%. (3) Hasil uji keefektifan berdasarkan hasil soal pretest dan post test
sebesar 80 % sedangkan hasil analisis peserta didik sebesar 96,66 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nn GM Rizka Zannah Ria Rizkagm
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:06
Last Modified: 30 Oct 2023 07:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29068

Actions (login required)

View Item View Item