PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Afifa, Nur (2022) PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AFIFAH_PERPUS_FIX[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

Nur Afifah, 2022:Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: Minat Belajar, Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar.

Minat belajar dan motivasi belajar merupakan faktor utama yang menentukan derajat keaktifan belajar siswa. Siswa akan aktif dalam pembelajaran jika siswa memiliki minat belajar dan motivasi belajar yang tinggi sehingga keduanya berpengaruh secara signifikan terhadap keaktifan belajar siswa Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) minat belajar, (2)motivasi belajar, dan (3) keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Selain itu, penelitian ini juga
bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 baik secara simultan maupun individu.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di SMP Negeri 5 Jember kelas VIII. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik cluster random sampling dengan
populasi 185 siswa dan didapatkan 65 sampel siswa dari kelas VIII D, VIII E, dan VIII F. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan dokumen dan angket. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, pada statistik inferensial menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) minat belajar matematika dari 65 siswa sebagai sampel terdapat 7 siswa dengan kategori sangat tinggi (11%), 55 siswa dengan kategori tinggi (84%), dan 3 siswa dengan kategori sedang (5%). 2) motivasi belajar matematika dari 65 siswa sebagai sampel terdapat 8 siswa dengan kategori sangat tinggi (12%), 55 siswa dengan kategori tinggi (88%), dan tidak ada siswa dengan kategori sedang, rendah, dan sangat rendah (0%). 3) keaktifan belajar matematika dari 65 siswa sebagai sampel
terdapat 8 siswa dengan kategori sangat tinggi (12%), 54 siswa dengan kategori tinggi (84%), dan 3 siswa dengan kategori sedang (5%). 4) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Jember
Tahun Pelajaran 2021/2022. 6) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nur Afifa -
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:10
Last Modified: 12 Dec 2023 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29074

Actions (login required)

View Item View Item