wahyuni yati, windi (2019) PERAN PEMBERIAN HADIAH DALAM PENINGKATAN MINAT PENABUNG DI PT. BPR NUSAMBA RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Windi Wahyuni Yati_E20151027.pdf Download (4MB) |
Abstract
Hadiah adalah sesuatu yang diberikan atas kesempatan untuk memenangkan uang kas, perjalanan atau barang dagang sebagai hasil membeli sesuatu. Dalam upaya menarik minat nasabah untuk menabung di lembaga keuangan dilakukan berbagai upaya. Salah satunya yaitu menerapkan promosi penjualan merupakan bauran promosi periklanan, penjualan tatap muka, publisitas dan periklanan langsung. Promosi penjualan berbagai kumpulan alat-alat insentif yang beragam biasanya berjangka waktu pendek, dirancang untuk mendorong pembelian suatu produk atau jasa tertentu secara lebih cepat dan atau lebih besar oleh konsumen atau pedagang. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana mekanisme pemberian hadiah pada BPR Nusamba Rambipuji Kabupaten Jember? 2) Bagaimana peran pemberian hadiah dalam meningkatan minat penabung pada BPR Nusamba Rambipuji Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan mekanisme pemberian hadiah pada BPR Nusamba Rambipuji Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan peran pemberian hadiah dalam meningkatan minat penabung pada BPR Nusamba Rambipuji Kabupaten Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui tiga langkah yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1. Mekanisme pemberian hadiah pada BPR Nusamba Rambipuji Kabupaten Jember terdiri dari tiga bagian yaitu: a) Hadiah Berbasis Poin yakni nasabah dapat menjadi peserta program hadiah harus memenuhi ketentuan poin yang telah ditetapkan. b) Periode Perhitungan Poin yakni diakumulasikan dari bulan Januari sampai Desember dan c) Pengundian Hadiah yakni dilaksanakan pada bulan Februari dan per wilayah provinsi. 2. Peran pemberian hadiah dalam meningkatan minat penabung pada BPR Nusamba Rambipuji Kabupaten Jember yaitu: a) sebagai sarana periklanan, b) sebagai ucapan terimakasih kepada nasabah, c) sebagai alat untuk mempertahankan nasabah yang lama ataupun mendapatkan nasabah baru. d) untuk meningkatkan loyalitas nasabah, dan e) untuk menyiratkan citra yang baik kepada nasabah. Kata Kunci: Peran Pemberian Hadiah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 07:23 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 07:23 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29106 |
Actions (login required)
View Item |