selvina sari, windy (2021) ANALISIS MODEL KOMUNIKASI PEMASARAN SRC OLEH PT HM SAMPOERNA, TBK di KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Windy Selvina Sari_E20172173.pdf Download (932kB) |
Abstract
Komunikasi memegang peranan yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan suatu perusahaan dalam mendukung strategi pemasaran suatu perusahaan. Masyarakat tanpa komunikasi secara keseluruhan tidak akan mengetahui keberadaan produk pasar. Saat ini semakin banyak perusahaan yang sadar akan pentingnya sebuah strategi komunikasi pemasaran, tidak semua perusahaan mempunyai biaya dan SDM yang sesuai untuk menjalankan strategi yang diharapkan salah satunya adalah program keunggulan PT HM Sampoerna adalah Sampoerna Retail Community (SRC). SRC telah diterapkan di toko-toko yang dibina oleh PT HM Sampoerna, Tbk di Jember, dimana terlihat toko-toko dengan membentuk sebuah toko yang berkonsep lebih modern, warna khas merah putih sesuai dengan bentuk warna dan logo PT HM Sampoerna. Perubahan penampilan toko yang lebih menarik dan modern merupakan kemudahan bagi konsumen untuk menentukan produk yang hendak dibeli serta kenyamanan pelanggan atau konsumen toko pada saat berbelanja di toko SRC. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti memfokuskan penelitian dengan lingkup yaitu : 1. Bagaimana model komunikasi pemasaran SRC oleh PT HM Sampoerna, Tbk Kabupaten Jember?, 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat model komunikasi pemasaran SRC oleh PT HM Sampoerna, Tbk Kabupaten Jember?. Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk mendapat data yang tepat maka perlu ditentukan informan yang memiliki kompetensi dan sesuai dengan kebutuhan data. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil peneliti ini adalah: 1. Model komunikasi pemasaran SRC oleh PT HM Sampoerna, Tbk Kabupaten Jember menggunakan model komunikasi pemasaran iklan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relation), penjualan perorangan (personal selling), penjualan langsung (direct selling), 2. Faktor pendukung model komunikasi pemasaran SRC oleh PT HM Sampoerna, Tbk Kabupaten Jember yaitu kekompakan tim, kerja keras, biaya besar, pencapaian tujuan dan visi misi yang sama, strategi push dan merek, 2. Faktor penghambat model komunikasi pemasaran SRC oleh PT HM Sampoerna, Tbk Kabupaten Jember yaitu lokasi atau medan yang akan dituju, kendala bahasa daerah, iklan yang kurang mengena dan penyampaian pesan kurang fokus. Kata Kunci: Model Komunikasi, SRC, dan Pemasaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 08:17 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 08:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29109 |
Actions (login required)
View Item |