Jauhari, Ahmad Fikri (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KITAB KUNING SISWA KELAS VII SMP NAHDLATUTH THALABAH KESILIR WULUHAN JEMBER. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
TESIS_AHMAD FIKRI JAUHARI_CETAK BUKU ok.pdf Download (52MB) |
Abstract
Jauhari, Ahmad Fikri, 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kitab Kuning Siswa Kelas VII SMP Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Dyah Nawangsari, M.Ag., Pembimbing II: Dr. H. Moh. Sutomo, M.Pd.
kata kunci: Pengembangan LKPD, Hasil Belajar, Kitab Kuning
SMP Nahdlatuth Thalabah Kesilir merupakan sekolah berbasis pesantren yang membekali peserta didiknya dengan mata pelajaran kitab kuning, sebagai upaya untuk melestarikan tradisi pembelajaran di pondok pesantren. Untuk mempelajari kitab kuning secara mandiri, membutuhkan kemampuan baca tulis pego serta menerjemah teks-teks arab. Hal ini tentu menjadi permasalahan bagi peserta didik baru yang secara umum belum menguasai hal tersebut. Bahan ajar yang terbatas merupakan salah satu faktor penghambat ketuntasan pembelajaran mapel kitab kuning. Oleh karena itu, peneliti berinisiatif menyusun bahan ajar berupa LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) mapel kitab kuning kelas VII SMP Nahdlatuth Thalabah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel & Semmel yang juga dikenal dengan Four-D Model atau model 4-D. Model ini terdiri atas empat tahap, yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas, kepraktisan dan efektifitas LKPD Mata Pelajaran Kitab Kuning Kelas VII di SMP Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember.
Uji coba lapangan dilaksanakan di kelas VII C SMP Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember. Uji validitas dilakukan oleh tiga orang ahli yang terdiri dari: 1) ahli desain, 2) ahli materi, dan 3) ahli bahasa. Uji kepraktisan berdasarkan hasil observasi aktifitas siswa & observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran, dan uji efektifitas ditentukan melalui hasil belajar siswa.
Berdasarkan uji validasi oleh ahli desain materi, dan bahasa secara berturut-turut mendapat nilai 3,5; 3,75; dan 3,6 dengan rata-rata keseluruhan sebesar 3,62 dengan kriteria valid, artinya LKPD layak digunakan. Kriteria kepraktisan LKPD terpenuhi dari hasil observasi aktivitas siswa mendapatkan skor 90% dengan kesimpulan sangat aktif, dan hasil observasi aktivitas guru melalui lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran mendapatkan persentase skor rata-rata sebesar 88% dengan kategori baik, artinya LKPD ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan nilai rata-rata N-gain score sebesar 0,57 yang artinya termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD kitab kuning kelas VII efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa LKPD mata pelajaran kitab kuning kelas VII telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Ahmad Fikri Jauhari |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 08:04 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 08:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29174 |
Actions (login required)
View Item |