Fifin, Nur Baiti (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Tiga Dimensi Pada Materi Sifat-sifat Cahaya Kelas V Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama 03 Nurul Huda Dukuh Dempok Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Text
FIFIN NUR BAITI_T20194012.pdf Download (14MB) |
Abstract
Media pembelajaran adalah perantara yang digunakan untuk menyampaikan materi
ke pelajar dengan menggunakan alat tertentu agar dapat mengerti dengan cepat dan
menerima pengetahuan dari pengajar, salah satunya yaitu media pembelajaran tiga
dimensi. Media Tiga dimensi dapat membantu guru untuk menyampaikan pelajaran
terhadap peserta didik. Seperti halnya minimnya pengembangan media di Sekolah Dasar
Nahdlatul Ulama 03 Nurul Huda Dukuh Dempok Wuluhan Jember, guru dalam kegiatan
pembelajaran dikelas mata pelajaran IPA khususnya materi sifat-sifat cahaya hanya
menggunakan media bahan ajar buku yang ada, sehingga siswa belum mengetahui betul
seperti apa sifat-sifat cahaya secara nyata.
Rumusan Masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana validitas media
pembelajaran tiga dimensi pada materi sifat-sifat cahaya kelas V Sekolah Dasar Nahdlatul
Ulama 03 Nurul Huda Dukuh Dempok Wuluhan Jember? 2) Bagaimana efektifitas media
pembelajaran tiga dimensi pada materi sifat-sifat cahaya kelas V Sekolah Dasar Nahdlatul
Ulama 03 Nurul Huda Dukuh Dempok Wuluhan Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui kevalidan media pembelajaran
tiga dimensi pada materi sifat-sifat cahaya kelas V Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama 03
Nurul Huda Dukuh Dempok Wuluhan Jember.
2) Mengetahui keefektifan media pembelajaran media pembelajaran tiga dimensi pada
materi sifat-sifat cahaya kelas V Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama 03 Nurul Huda Dukuh
Dempok Wuluhan Jember.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model
pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu: Analysis,
Design, Development, Implementation, Evaluation. Populasi penelitan ini adalah siswa
kelas V Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama 03 Nurul Huda Dukuh Dempok Wuluhan Jember.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, angket, tes, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Hasil validasi dari ahli media
memperoleh 97,5% dengan kriteria sangat valid, hasil validasi ahli materi memperoleh
81,8% dengan kriteria sangat valid, dan hasil validasi guru IPA memperoleh 81,8%
dengan kriteria sangat valid. 2) Rata-rata angket respon siswa pada hasil kemenarikan
media 3 dimensi memperoleh 83,9% dengan kategori sangat menarik.3) Hasil keefektifan
media 3 dimensi diketahui dari hasil belajar peserta didik kelas V B tes pretest
memperoleh 60,41% dan posttest memperoleh 80,83%. Sedangkan perbandingan dengan
kelas V A memperoleh 55% tanpa media. Selain itu dapat diketahui dan diperoleh
menggunakan perhitungan Uji T Paired Sample T-Test dengan menunjukkan
menggunakan SPSS versi 24 menunjukkan nilai sign(2-tailled) 0,00<0,05, maka terdapat
signifikan antara hasil belajar pada data pretest dan posttest. Dari hasil tersebut maka
pengembangan media tiga dimensi pada materi sifat-sifat cahaya berdasarkan data pretest
dan posttes dapat dikatakan efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fifin Nur Baiti |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 07:14 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 07:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29198 |
Actions (login required)
View Item |