Putri, Mita Utari (2023) Analisis Aktivitas Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar pada Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA 2 di Madrasah Aliyah Raudlatus Syabab Sukowono Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Mita Utari Putri_T20198150.pdf Download (2MB) |
Abstract
Analisis kualitatif mendalam terkait aktivitas belajar siswa berdasarkan gaya belajar visual auditori kinestetik (VAK) pada pembelajaran biologi sangat dibutuhkan guna memberikan wawasan yang lebih luas tentang bagaimana siswa belajar secara efektif dan membantu dalam merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar individu mereka. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana aktivitas belajar siswa yang bergaya belajar visual pada pembelajaran biologi siswa kelas XI 2 IPA di Madrasah Aliyah Raudlatus Syabab Sukowono? 2) Bagaimana aktivitas belajar siswa yang bergaya belajar auditori pada pembelajaran biologi siswa kelas XI IPA 2 di Madrasah Aliyah Raudlatus Syabab Sukowono? 3) Bagaimana aktivitas belajar siswa yang bergaya belajar kinestetik pada pembelajaran biologi siswa kelas XI IPA 2 di Madrasah Aliyah Raudlatus Syabab Sukowono?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian ini sebanyak 14 subjek dengan menggunakan teknik purposive atau snowball. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik angket, observasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi, serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber dan triangulasi teknik yang digunakan narasumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Penelitian ini memperoleh hasil, yakni: 1) Aktivitas belajar siswa dengan gaya belajar visual dominan melakukan Visual Activities, kemudian Writing Activities, Listening Activities, Motor Activities, Drawing Activities, Mental Activities, Emotional Activitie dan Oral Activities. Gaya belajar visual memiliki tingkat aktivitas belajar kategori sedang dengan kendala pada indikator aktivitas berbicara dan indikator pemecahan masalah. Siswa dengan gaya belajar visual memiliki aktivitas yang tinggi pada indikator visual. 2) Aktivitas belajar siswa dengan gaya belajar auditori dominan melakukan Listening Activities kemudian Motor Activities, Oral Activities, Visual Activities, Drawing Activities, Mental Activities, Emotional Activitie dan Writing Activities. Gaya belajar auditori memiliki tingkat aktivitas belajar yang tinggi pada seluruh indikator aktivitas belajar. Siswa dengan gaya belajar auditori hanya perlu mendapatkan bimbingan pada indikator pemecahan masalah dalam mengembangkan suatu rumus untuk menyelesaikan berbagai persoalan. 3) Aktivitas belajar siswa dengan gaya belajar kinestetik dominan melakukan Motor Activities kemudian Oral Activities, Visual Activities, Writing Activities, Drawing Activities, Mental Activities, Emotional Activitie dan Listening Activities. Gaya belajar kinestetik memiliki tingkat aktivitas belajar kategori tinggi dan sedang. Peserta didik kinestetik terlihat menonjol pada indikator keaktifan motorik, namun memiliki kendala pada indikator emosional dan visual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1905 Visual Arts and Crafts > 190599 Visual Arts and Crafts not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | ms perpustakaan mita utari putri |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 01:57 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 01:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29220 |
Actions (login required)
View Item |