PENDIDIKAN ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN DI PONDOK PESANTRENAL-IMDAD BANTUL YOGYAKARTA DAN PESANTREN SUMBER PENDIDIKAN MENTAL AGAMA ALLAH (SPMAA) LAMONGAN JAWA TIMUR

Fathiyaturrahmah, Fathiyaturrahmah and AINI, Siti Qurrotul (2019) PENDIDIKAN ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN DI PONDOK PESANTRENAL-IMDAD BANTUL YOGYAKARTA DAN PESANTREN SUMBER PENDIDIKAN MENTAL AGAMA ALLAH (SPMAA) LAMONGAN JAWA TIMUR. [Laporan Penelitian]

[img] Text
2019 PENELITIAN AL-IMDAD, SPMAA.pdf

Download (804kB)

Abstract

Agama mengatur seluruh aspek kehidupan penganut agama tersebut termasuk aspek pendidikan. Pendidikan dilaksanakan oleh lembaga baik informal, formal maupun non formal. Dalam rangka membangun kesadaran lingkungan, peran lembaga pendidikan Islam terutama pesantren menjadi sangat penting dalam mentransformasikan nilai-nilai lingkungan. Pesantren diharapkan dapat menjadi agent of change terhadap perilaku dan sikap masyarakat dan berperan serta dalam pemeliharaan sumber daya alam dan lingkungan.
Dari latar belakang tersebut, penelitian ini meneliti praksis pendidikan Islam berwawasan lingkungan di Pondok Pesantren Al-Imdad Bantul Yogyakarta dan Pondok Pesantren Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA) Lamongan Jawa Timur. Kedua pondok pesantren tersebut dipilih karena kepeloporan mereka dalam ikut serta mengembangkan eko pesantren melalui program pendidikan Islam berwawasan lingkungan dengan karakteristik masing-masing.
Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi di dua pondok pesantren yang diteliti. Dalam menganalisa data peneliti menggunakan metode deskriptis analisis.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: pendidikan berwawasan lingkungan di Pesantren Al-Imdad Bantul Yogyakarta dan Pesantren Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA) Lamongan Jawa Timur diimplementasikan melalui teknik pemodelan (modelling) yang ditempuh melalui empat cara utama: yaitu model peran individual, sarana prasarana dan penggunaannya, sistem tata kelola dan budaya atau tradisi lembaga pendidikan.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Qurrotul Aini
Date Deposited: 21 Sep 2021 04:29
Last Modified: 21 Sep 2021 04:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2929

Actions (login required)

View Item View Item