Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Argopuro 1 Tahun Ajaran 2022/2023

Ramadhan, Ilham (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Argopuro 1 Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ILHAM RAMADHAN_T20189030 WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ilham Ramadhan, 2023 : Pengaruh Model Pembelajaran KooperatifTipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Argopuro 1 Tahun Ajaran 2022/2023

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Berbantuan Media Wordwall; Hasil Belajar

Guru sering mengadopsi pendekatan pembelajaran konvensional,di mana peran guru bersifat proaktif sementara siswa mengambil sikap pasif, hanya menerima ceramah dari guru, hal ini berdampak pada kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Pendekatan pembelajaran konvensional/ceramah tersebut tidak lagi memenuhi kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran. Pendekatan ini yang monoton membuat siswa kekurangan motivasi dan kurang aktif sehingga sulit bagi mereka untuk menyerap dan memahami materi yang diajarkan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Argopuro 1 Tahun Ajaran 2022/2023?

Tujuan dari penelitian ini adalah Penelitian ini berusaha untuk mengatasi problem yang telah diidentifikasi untuk mengidentifikasi pengaruh yang signifikan dari model pembelajarankooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran ips di SMP Argopuro 1 Tahun Ajaran 2022/2023.

Metode penelitian dalam penelitian yaitu menggunakan kuantitatif. Peneliti menggunakan Nonequivalent Control Group Design yang termasuk Quasi Experimental. Metode mengumpulkan data menggunakan tes, wawancara dan dokumen. Instrumen penelitian peneliti menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk menganalisis data yang peneliti dapatkan dari hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Independent Sampel T-test.

Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) berbantuan wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil ini juga didukung dengan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, dimana kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) berbantuan Wordwall yang lebih optimal dibandingkan dengan kelas kontrol. Dilihat dari perubahan nilai rata-rata yang ada, prestasi belajar kelas kontrol tergolong rendah. Saran untuk guru betapa pentingnya memberikan perhatian, bimbingan, dan dorongan kepada siswa untuk mendorong partisipasi aktif mereka dalam diskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100507 Optical Networks and Systems
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: man Ilham Ramadhan
Date Deposited: 16 Nov 2023 03:15
Last Modified: 16 Nov 2023 03:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29442

Actions (login required)

View Item View Item