ANALISIS PRAKTEK TADLIS DALAM PENJUALAN KRIPIK SUKUN DI DUSUN KEDUNG NILO DESA KARANG SEMANDING KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER

ISTIGFARIN, AMALIA IZZA FIDZA LAILY (2020) ANALISIS PRAKTEK TADLIS DALAM PENJUALAN KRIPIK SUKUN DI DUSUN KEDUNG NILO DESA KARANG SEMANDING KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
AMALIA IZZA FIDZA LAILY ISTIGFARIN_E20162057.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam meningkatkan pendapatan keluarga, para pedagang memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk menaikkan harga jual suatu produk. Jumlah buah sukun yang melimpah dimanfaatkan menjadi kripik sehingga memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi. Penjualan yang dilakukan oleh para pedagang terkadang mengandung unsur tadlis dalam meyakinkan konsumen. Fokus penelitian yang terdapat dalam skripsi ini adalah: Pertama Bagaimana gambaran umum penjualan kripik sukun di Dusun Kedungnilo Desa Karang Semanding Kecamatan Balung Kabupaten Jember? Kedua Bagaimana gambaran umum praktek tadlis pada penjualan kripik sukun di Dusun Kedungnilo Desa Karang Semanding Kecamatan Balung Kabupaten Jember? Ketiga Bagaimana analisis tadlis pada penjualan keripik sukun di Dusun Kedungnilo Desa Karang Semanding Kecamatan Balung Kabupaten Jember dalam ekonomi Islam? Dalam penelitian skripsi ini, pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif. Sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Pertama, Penjualan keripik sukun di Dusun Kedungnilo, Desa Karang Semanding, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember masih dilakukan dengan sistem yang sederhana dimana penjual menjual kripik sukun buatan mereka di lapak-lapak kecil yang disediakan oleh desa menggunakan sistem penjualan langsung dan tidak ada sistem manajemen khusus yang digunakan. Kedua, Praktek tadlis pada penjualan keripik sukun di Dusun Kedungnilo, Desa Karang Semanding, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember yaitu para penjual kripik sukun melakukan praktek tadlis baik berupa tadlis dalam bentuk kualitas maupun tadlis dalam bentuk kuantitas. Ketiga, Analisis tadlis pada penjualan keripik sukun di Dusun Kedungnilo, Desa Karang Semanding, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember dalam Ekonomi Islam yaitu para penjual kripik sukun tidak memahami bagaimana arti sebenarnya dari ekonomi Islam. Praktek tadlis yang mereka lakukan dianggap wajar karena para penjual mereka melakuka n penipuan untuk menarik konsumen dan pa ra penjual juga tidak merasa bersalah karena tadlis yang mereka lakukan tidak termasuk dalam penipuan yang besar dan tidak membahayakan para konsumen. Kata kunci: Ekonomi Islam, Penjualan, dan Tadlis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:44
Last Modified: 15 Nov 2023 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29463

Actions (login required)

View Item View Item