umam, khotibul (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM PERBAIKAN PEMBELAJARAN DI MTsN 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Text
Khotibul Umam_084143073.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pelaksanaan supervisi kepada guru-guru sangat penting dilakukan Kepala Madrasah untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran melalui proses pembelajaran yang baik. Oleh karena itu, supervisi ini hendaknya rutin dilaksanakan di sekolah. Karena supervisi tidak hanya menilai kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran, melainkan membantu guru mengembangkan professionalismenya. Dengan diterapkannya supervisi dan pembinaan terhadap guru secara terencana maka dapat membantu guru dan pegawai sekolah dalam melakukan pengajaran secara efektif. MTsN 04 Jember merupakan salah satu lembaga pendidikan yang unggul dari beberapa lembaga yang ada di Jember. Hal ini tentunya tidak lepas dari peran Kepala Madrasah sebagai supervisor yang dituntut harus berkompetensi sebagai orang yang memberi bimbingan kepada guru-guru dalam meningkatkan proses pembelajaran. Karena supervisi secara langsung berpengaruh tehadap perilaku mengajar guru. Selanjutnya, perilaku mengjar guru yang baik akan mempengaruhi terhadap belajar peserta didik. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi Pendekatan Supervisi Direktif dalam Perbaikan Pembelajaran Di MTsN 04 Jember? 2) Bagaimana Implementasi Pendekatan Supervisi NonDirektif dalam Perbaikan Pembelajaran Di MTsN 04 Jember? 3) Bagaimana Implementasi Pendekatan Supervisi Kolaboratif dalam Perbaikan Pembelajaran Di MTsN 04 Jember? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan Implementasi pendekatan supervise pendidikan dalam perbaikan pembelajaran. Kemudian metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. dari keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan penelitian ini yaitu: 1. pendekatan direktif ditujukan kepada guru tipe disiplin dengan etos kerja rendah. Pada pelaksanaan teknik individual dilakukan dengan percakapan pribadi dan kunjungan kelas, karena guru tipe ini mempunyai kekurangan maka perlu untuk diberikan rangsangan dengan kunjungan kelas tersebut. Sedangkan teknik kelompok dilakukan dengan rapat guru dan diskusi. 2. pendekatan non direktif ditujuakn kepada guru tipe profesional Tehnik individual dilakukan dengan percakapan individu namun sifatnya lebih ke sharing. Dan kunjungan kelas jika guru meminta untuk dilakukan kunjungan kelas. Sedangkan tehnik kelompok dilakukan dengan workshop. 3. Pendekatan supervisi kolaboratif dengan tehnik individual dilakukan dengan percakapan individu dan kontrak yang dilakukan antara guru dan supervisor. Sedangkan teknik kelompok menggunakan tehnik diskusi dengan anggota (Kelompok kerja madrasah) KKM mengadakan (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) MGMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 06:41 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 06:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29600 |
Actions (login required)
View Item |