PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMDI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018

khoirun nisa, karunia (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMDI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Karunia Khoirun Nisa_084 141 018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada zaman modern ini masih ada guru yang mengajar dengan menggunakan metodologi mengajar tradisional yang cenderung bersifat otoriter dan berpusat kepada guru. Perlu adanya paradigma baru yang menjadikan siswa sebagai pemeran aktif dalam mendiskusikan informasi dan jawaban berbagai masalah dalam diskusi, menciptakan diskusi yang aktif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share merupakan suatu cara untuk membuat variasi suasana pola diskusi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:1). Bagaimana perencanaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 2). Bagaimana pelaksanaa nmodel pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 3). Bagaimana evaluasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: Untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsif dengan jenis penelitian lapangan (field Research) dengan pandangan fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi partisipatif pasif, wawancara semi terstruktur dan kajian dokumen. Analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1). Perencanaan pembelajaran meliputi silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pada komponen RPP khususnya pada metode pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran, tergambarkan bahwa guru PAI pernah menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share yaitu pada pertemuan pertama Materi Shalat Jamak dan Qasar. 2). Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pada kegiatan inti terdapat tahap-tahap penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share dengan menggunakan pendekatan saintifik. Jika terdapat kendala yang bersifat kondisional sehingga perlu sedikit modifikasi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. 3). Proses evaluasi menggunakan 3 penilaian, diantaranya; penilaian sikap berupa penilaian selama proses pembelajaran baik ketika berdiskusi maupun individu, penilaian pengetahuan berupa penilaian harian berupa tugas terstruktur dan ulangan harian berupa tes tulis dan penilaian keterampilan berupa portofolio.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:14
Last Modified: 21 Nov 2023 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29615

Actions (login required)

View Item View Item