PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DAN KINERJA PERUSAHAAN PADA KOPERASI SYARIAH PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH PASCASARJANA IAIN JEMBER PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PERUSAHAAN PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH DI KABUPATEN BANYUWANGI

SYAROFI, MUHAMMAD (2019) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DAN KINERJA PERUSAHAAN PADA KOPERASI SYARIAH PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH PASCASARJANA IAIN JEMBER PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PERUSAHAAN PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH DI KABUPATEN BANYUWANGI. Masters thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
MUHAMMAD SYAROFI_0839217027.pdf

Download (50MB)

Abstract

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja Karyawan, Kinerja Perusahaan. Suatu lembaga keuangan non bank (koperasi syariah) dapat berjalan dengan lancar dan terus berkembang, apabila seorang pemimpin atau ketua anggota dapat mengendalikan lembaga koperasi tersebut dengan baik, sekaligus dapat mendorong dan memberikan motivasi kepada anggota pengelola untuk lebih maksimal dalam bekerja, sehingga menciptakan budaya organisasi yang positif didalam koperasi syariah tersebut, dan anggota koperasi merasa puas dalam bekerja, serta dapat menumbuhkan dan menciptakan kinerja perusahaan yang baik dan terus maju. Namun masih banyak perusahaan yang mengaanggap bahwa kinerja perusahaan yang baik, apabila keuangan perusaahaan tersebut stabil dan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji secara empiris variabelvariabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah diklarifikasikan sebagai explanatory research, yaitu apakah terdapat pengaruh antara gaya kepemimpinan (X1), budaya organisasi (X2), dan motivasi kerja (X3) terhadap kepuasan kerja karyawan (Z1) dan kinerja perusahaan (Y1). Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Nonprobability sampling, dan bentuk samplingnya adalah Sampling Jenuh dimana teknik penentuan sampel, semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, yaitu seluruh anggota pengelola Koperasi Jasa Keuangan Syariah di Kab. Banyuwangi yang terdapat 5 unit koperasi syariah. Analisis yang dilakukan menggunakan Analisi Regresi Berganda yang dikembangkan dengan Path Analisis (Analisis Jalur) dan Triming Teory. Pengujian hipotesis dengan bantuan software Statistical Package for the Sciences (SPSS) versi 22. Hasil analisis menunjukkan gaya kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, dengan (Standardized Coefficients) 0,050. Budaya organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, dengan (Standardized Coefficients) 0,105. Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, dengan (Standardized Coefficients) 0,727. Gaya kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, dengan (Standardized Coefficients) -0,141. Budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, dengan (Standardized Coefficients) sebesar 0,584. Motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, dengan (Standardized Coefficients) viii sebesar 0,203. Dan kepuasan kerja karyawan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, dengan (Standardized Coefficients) sebesar 0,718.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:26
Last Modified: 23 Nov 2023 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29661

Actions (login required)

View Item View Item