Abdullah, M Arif (2017) Tahfidzul Qur’an Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di Pendidikan Anak Usia Dini Ibnu Katsir Jember). Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.
Text
M Arif Abdullah_082 132 050.pdf Download (25MB) |
Abstract
Fenomena menghafal Qur’an akhir-akhir ini sudah marak terjadi. Baik dari usia dini sampai dewasa mulai banyak yang tertarik menghafal kalam ilahi tersebut. Khusus pada anak usia dini diawali dengan banyaknya acara hafidz cilik di TV nasional, sehingga para orang tua hampir di seluruh Indonesia menginginkan anaknya menjadi seorang hafidz/hafidzoh. Dalam menghafal khususnya untuk anak usia dini diperlukan sebuah metode agar proses menghafal terasa menarik dan dapat menghasilkan output yang berkualitas. Hal ini yang dilakukan oleh PAUD Ibnu Katsir. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana latar belakangi Tahfidzul Qur’an pada anak usia dini di PAUD Ibnu Katsir? 2) Bagaimana metode menghafal Qur’an yang digunakan PAUD Ibnu Katsir? 3) Bagaimana aspek psikologi anak yang dipertimbangkan dalam menghafalkan al-Qur’an? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan latar belakang Tahfidz al-Qur’an pada anak usia dini di PAUD Ibnu Katsir. 2) Untuk mendeskripsikan metode yang digunakan untuk anak usia dini. 3) Untuk mendeskripsikan aspek psikologi anak yang dipertimbangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian study kasus dengan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verification. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa 1) Yang melatar belakangi tahfidzul Qur’an pada anak usia dini di PAUD Ibnu Katsir ialah keinginan para istri-istri pengurus pondok pesantren Ibnu Katsir mempunyai sebuah lembaga pendidikan yang dibawah naungan Ibnu Katsir, bergerak khusus dibidang tahfidz bagi anak usia dini. 2) Metode menghafal al-Qur’an yang dipakai di PAUD Ibnu Katsir Jember menggunakan metode talaqqi. 3) Aspek-aspek psikologi yang menjadi pertimbangan dalam program tahfidzul Qur’an di PAUD Ibnu Katsir adalah emosi, sifat dasar bermain anak, memori anak yang masih bersih belum terkontaminasi oleh hal-hal yang negatif sehingga mudah untuk memasukkan hafalan kememori anak, kemampuan anak, setiap anak unik, serta dukungan orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 06:46 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 06:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29694 |
Actions (login required)
View Item |