Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP “Plus” Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

izzatul millah, dini (2016) Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP “Plus” Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
dini izzatul millah_084121211.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat vital bagi pembentukan karakter sebuah peradaban dan kemajuan yang mengiringinya. Tanpa pendidikan, sebuah bangsa atau masyarakat tidak akan pernah mendapat kemajuannya sehingga menjadi bangsa atau masyarakat yang kurang atau bahkan tidak beradab. Karena itu, sebuah peradaban yang memberdayakan akan lahir dari suatu pola pendidikan dalam skala luas yang tepat guna dan efektif bagi konteks dan mampu menjawab segala tantangan zaman. Sejak dulu, negeri ini selalu majemuk dan kemajemukan tersebut telah menjadi landasan berkehidupan dan berkebangsaan yang membuat bangsa ini menjadi bangsa yang besar dengan berdiri di atas segala perbedaan baik dalam hal agama, suku, ras. Pendidikan juga diyakini sebagai salah satu media yang paling efektif untuk melahirkan generasi yang memiliki pandangan yang mampu menjadikan keragaman sebagai bagian yang harus diapresiasi secara konstruktif. Sebab, pendidikan bersifat sistemik, dengan tingkat penyebaran yang cukup merata. Fokus penelitian yang diangkat dalam skripsi ini, adalah:(1) Bagaimana implementasi pendidikan multikultural dalam pendidikan agama Islam di SMP “Plus” Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kendala guru pendidikan agama Islam dalam melaksanakan pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP “Plus” Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2016/2017? (3) Bagaimana strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam melaksanakan pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP “Plus” Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2016/2017? Yang menjadi tujuan penelitian adalah:(1). Untuk mendeskripsikan pengimplementasian pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. (2). Untuk mendeskripsikan kendala guru dalam mengimplementasikan pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan Guru PAI dalam mengimplementasikan pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun yang menjadi informan adalah kepala sekolah, Waka Kurikulum, guru PAI, dan siswa. Dengan tekhnik pengumpulan data melalai metode observasi, interview, dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kualitatif. Keabsahan data menggunakan Trianggulasi Sumber dan metode. Berdasarkan kajian teoritis yang dilanjutkan dengan analisis data penelitian ini memperoleh kesimpulan: Pelaksanaan pendidikan multikultural di x SMP “Plus” Darus Sholah Jember ini dalam pembelajaran PAI telah dilaksanakan sesuai dengan tiga prinsip tersebut. Yaitu dalam hal demokrasi guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk menanyakan materi yang kurang dipahami dan memberikan kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan pendapat mereka di depan siswa yang lain. Dalam hal kesetaraan, guru tidak membeda-bedakan siswa dalam memberikan perlakuan dan materi yang sama. Tidak memandang asal daerah mereka bahkan status keluarga masing-masing siswa. Dan dalam hal keadilan, guru memberikan penilaian secara objektif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa yang mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, akan mendapatkan nilai. Sedangkan yang tidak mengerjakan, tidak akan mendapatkan nilai. Kendala yang dihadapi guru PAI dalam mengimplementasikan pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP “Plus” Darus Sholah yaitu cara adaptasi siswa baru di kelas, hal ini dikarenakan masih belum kenal satu sama lain juga terkadang sulitnya membaca tulisan Arab seperti ayatayat Al-Qur’an karena di rumah tidak pernah atau jarang mengaji. Atau logat mengaji siswa yang tidak umum sehingga menimbulkan kesan asing atau lucu di dengar siswa yang lain. Adapun strategi yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi kendala terhadap pelaksanaan pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP “Plus” Darus Sholah Jember dengan menggunakan strategi yang tepat untuk mengatasi kendala tersebut. Seperti demonstrasi, keteladanan, diskusi dan ceramah. Selain itu, di akhir pelajaran guru memberikan nasehat untuk selalu menghargai sesama dan menjaga tali persaudaraan meskipun mereka bukan dari daerah yang sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:11
Last Modified: 23 Nov 2023 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29703

Actions (login required)

View Item View Item