HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS XI MADRASAH ALIYAH MASYHUDIYAH KECAMATAN KEBOMAS KABUPATEN GRESIK

Macika Riri, Elisa Fitri (2023) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS XI MADRASAH ALIYAH MASYHUDIYAH KECAMATAN KEBOMAS KABUPATEN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Elisa Fitri Macika Riri_D20195011_SKRIPSI FIX.pdf

Download (6MB)

Abstract

Elisa Fitri Macika Riri, 2023 : Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah Masyhudiyah Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik.
Kata Kunci : kecerdasan emosional, prestasi belajar, akidah akhlak
Kecerdasan emosional merupakan suatu kemampuan seseorang dalam mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, motivasi diri sendiri, memiliki sifat empati dan kerjasama dengan orang lain. Pada peserta didik kelas XI kecerdasan emosional sangat perlu diterapkan guna mencapai suatu keberhasilan dalam belajarnya, yang dibuktikan dengan adanya prestasi belajar.
Rumusan masalah pada penelitian ini apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Masyhudiyah Kebomas Gresik. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak peserta didik kelas XI MA Masyhudiyah Kebomas Gresik.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling total dengan jumlah sabjek sebanyak 66 orang. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket atau kuisioner. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala kecerdasan emosional dan prestasi belajar.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis product moment pearson dengan menggunakan ketentuan nilai pearson correlation 0,833 yang mana hasil tersebut berkisar 0,800 sampai 1,000 berarti korelasi antar variabel kecerdasan emosional dengan prestasi belajar memiliki hubungan yang sangat kuat dan berkorelasi positif. Tingkat kecerdasan emosional pada peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Masyhudiyah Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik berada pada kategori sedang dengan presentase mencapai 65,2% hal tersebut dipengaruhi oleh faktor dari dalam individu dan tingkat prestasi belajar pada peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Masyhudiyah Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik berada pada kategori sedang dengan presentase 69,7% hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kurang fokus dalam belajar dikelas, tidak memiliki fasilitas belajar yang memadai, sering tidak mengerjakan tugas. Pada nilai taraf signifikasi yang diperoleh nilai sebesar 0,000 < 0,05 yang jika diinterpretasikan hasil tersebut terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Masyhudiyah Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Depositing User: Elisa Fitri Macika Riri
Date Deposited: 28 Nov 2023 02:31
Last Modified: 28 Nov 2023 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29814

Actions (login required)

View Item View Item