Pengembangan E-modul Berbasis Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPAS Kelas lV Sekolah Dasar Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember

Kholiya, Siti Nur (2023) Pengembangan E-modul Berbasis Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPAS Kelas lV Sekolah Dasar Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SITI NUR KHOLIYA FIKS BENAR 1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Bahan Ajar atau Media pembelajaran dianggap sebagai salah satu komponen pembelajaran yang sangat penting Karena berfungsi sebagai perantara interaksi guru dan peserta didik. Proses interaksi ini dikatakan berhasil apabila antara keduanya berjalan dengn baik, dimana guru mampu menyampaikan informasi dengan baik pula. Agar interaksi tersebut menjadi sempurna, maka diperlukan alat atau media komunikasi yang efektif. dalam penelitian ini peneliti mengembangkan E-modul berbasis aplikasi canva. Penelitian pengembangan emodul berbasis aplikasi canva dilakukan sebagai respon minimnya buku bacaan elektronik peserta didik dan kurangnya inovasi dalam pengembangan bahan ajar IPAS khusunya materi Keragaman Sosial dan Budaya di Indonesia di kelas lV B SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. Selain itu, e-modul berbasis aplikasi canva ini juga membuat peserta didik semakin antusias dalam proses pembelajaran. Penelitian pengembangan e-modul berbasis aplikasi canva ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui proses pengembangan e-modul berbasis aplikasi canva pada pembelajaran IPAS kelas lV SD Baiturohman Griya Mangli Indah Jember. 2) Untuk mengetahui kelayakan e-modul berbasis aplikasi canva pada pembelajaran IPAS kelas lV SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah R&D (Research and Development). Penelitian penegmbangan ini mengacu pada model ADDIE dengan lima langkah pengembangannya, yaitu: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi , 5) Evaluasi. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan jika (1) Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah e-modul berbasis aplikasi canva, (2) hasil kelayakan e-modul berbasis canva yang dihasilkan dari 2 valiasi, validasi materi dan ahli media serta angket guru kelas lV B.Hasil uji coba ahli media menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 89,2%. Sedangkan kevalidan ahli materi sebesar 88%. Dan hasil angket guru kelas lV B sebesar 75,5%. Dari keseluruhan presentase oleh validasi para ahli tersebut, maka dapat dihitung presentase ratarata sebesar84,2% dengan kualifikasi valid dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Siti Nur Kholiya
Date Deposited: 27 Nov 2023 08:23
Last Modified: 27 Nov 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29840

Actions (login required)

View Item View Item