PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTROVERSIAL ISSUE DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENUMBUHKAN BERFIKIR KRITIS SISWA-SISWI DI SMPN 4 TANGGUL TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Elsyana, Adelima (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTROVERSIAL ISSUE DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENUMBUHKAN BERFIKIR KRITIS SISWA-SISWI DI SMPN 4 TANGGUL TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ADELIMA ELSYANA_T20189051.pdf

Download (2MB)

Abstract

Adelima Elsyana, 2023: Penerapan Model Pembelajaran Controversial Issue
Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Menumbuhkan
Berfikir Siswa Di SMP Negeri 4 Tanggul Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Model pembelajaran, Controversial Issue, Berfikir Kritis
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang peneliti lakukan di SMP
Negeri 4 Tanggul dengan menerapkan Model Controversial Issue. Yang
merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk mempresentasikan ide dan pendapatnya terhadap temannya.
Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan Model
Pembelajaran Controversial Issue dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 4
Tanggul? 2)Bagaimana Pelaksanaan model Pembelajaran Controversial Issue
dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk menumbuhkan keterampilan
berpikir kritis siswa di SMP Negeri 4 tanggul? 3) Bagaimana Evaluasi Model
Pembelajaran Controversial Issue dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
untuk menumbuhkan keterampilan berfikir kritis siswa di SMP Negeri 4 Tanggul?
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsi Ilmu Pengetahuan
Sosial dalam Perencanaan Model Pembelajaran Controversial Issue dalam
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk menumbuhkan keterampilan
berpikir kritis siswa di SMP Negeri 4 Tanggul. 2) Mendeskripsi Ilmu Pengetahuan
Sosial kan Pelaksanaan Model Pembelajaran Controversial Issue dalam
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk menumbuhkan keterampilan
berpikir kritis siswa di SMP Negeri 4 Tanggul. 3) Mendeskripsi Ilmu Pengetahuan
Sosial Evaluasi Model Pembelajaran controversial Issue dalam pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa di
SMP Negeri 4 Tanggul.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan
observasi, wawacara dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan teknik
triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan member chek.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Perencanaan Model Pembelajaran
Controversial Issue dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk
menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 4 Tanggul.
Dalam penelitian ini, perencanaan pembelajaran menggunakan model
controversial Issue yang sudah ada pada RPP dan KD sesuai materi yang dibahas.
2) Pelaksanaan model Pembelajaran Controversial Issue dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 4 Tanggul menjadikan siswa lebih aktrif, interaktif serta mendapatkan kepercayaan diri. 3) Evaluasi Model Pembelajaran Controversial Issue dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk menumbuhkan keterampilan berfikir kritis siswa di SMP Negeri 4 Tanggul dalam hal ini guru dapat menilai dari 3 aspek yaitu: aspek Koginitif (pengetahuan), aspek Afektif (sikap), dan aspek Psikomotorik (keterampilan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: mrs adelima elsyana
Date Deposited: 28 Nov 2023 04:11
Last Modified: 28 Nov 2023 04:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29849

Actions (login required)

View Item View Item