Wildan, Diah Awwanda (2016) Pelaksanaan Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 Tegalsari Banyuwangi. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.
Text
Diah Awwanda Wildan_084113040.pdf Download (6MB) |
Abstract
Manajemen kelas merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Ruang lingkup manajemen kelas meliputi pengaturan siswa dan pengaturan fasilitas. Kegiatan pengelolaan kelas dimaksudkan untuk menciptakan dan mempertahankan suasana dan kondisi kelas yang kondusif sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Dalam observasi awal, diperoleh kenyataan bahwa dalam pelaksanaan pengaturan siswa dan pengaturan fasilitas yang ada di SMPN 1 Tegalsari Banyuwangi sudah terbukti efektif. Dalam pelaksanaanya pembelajaran pendidikan agama Islam, guru menggunakan beberapa metode yang disesuaikan dengan materi sehingga siswa antusias untuk mengikuti pelajaran agama tersebut, menghindari agar siswa tidak merasa bosan untuk belajar agama. Fokus penelitian ini adalah mencakup dua aspek penting. Pertama, bagaimana pelaksanaan pengaturan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMPN 1 Tegalsari Banyuwangi, dan kedua, bagaimana pelaksanaan pengaturan fasilitas dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMPN 1 Tegalsari Banyuwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah, pertama, untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengaturan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Tegalsari Banyuwangi, kedua, untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengaturan fasilitas dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Tegalsari Banyuwangi Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terkait pelaksanaan pengaturan siswa pada pembelajaran PAI, para siswa antusias dalam bertanya berkaitan materi yang disampaikan, dan guru dapat menjelaskan materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.dan mengarahkan tingkah laku siswa untuk menjaga kedisplinan siswa 2) terkait pelaksanaan pengaturan fasilitas pembelajaran di kelas, diserahkan kepada guru dengan menyesuaikan kondisi dan kebutuhan siswa sesuai dengaan proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 02:30 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 02:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29926 |
Actions (login required)
View Item |