Fawaid, Ach (2023) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS VII SMP MIFTAHUL ULUM SUMBERBARU TAHUN PELAJARAN 2023 / 2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
FAWAID.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata kunci: motivasi belajar Ilmu pengetahuan Sosial,pembelajaran kooperatif
dengan tekhnikNumbered Heads Together Motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII SMP Miftahul Ulum Sumberbaru masih tergolong sedang, tidak semua siswa aktif dalam proses pembelajaran. Perlu inovasi model pembelajaran yang mampu membuat siswa tertarik dan berperan aktif dalam mengikuti pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sehingga motivasi siswa dapat meningkat salah satunya menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik Numbered Heads Together. Permaslahan dalam penelitian ini adalah Apakah motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dapat Meningkat melalui model pembelajaran kooperatifdengan teknik numbered head together pada kelas VII Sekolah Menengah Pertama Miftahul Ulum Sumberbaru tahun pelajaran 2023/2024?
Tujuan dari penelitian ini Untuk meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan sosial melalui model pembelajaran kooperatif dengan teknik Numbered Head Together pada kels VII SMP Miftahul Ulum Sumberbaru tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakaan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 25. Penelitian di laksanakan pada bulan september 2023.penelitian ini di laksanakan 2 siklus, setiap siklus terdapat 2 pertemuan.Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berupa angket motivasi belajar, serta lembar Observasi siswa. Data yang diperoleh dianalisis
secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa kelas VII mengalami peningkatan melalui langkah model pembelajaran kooperatif dengan teknik numbered head together. Pada pra siklus, persentase motivasi belajar siswa menunjukkan persentase rendah sebesar 53,52%. Pada penggunakan model pembelajaran koopertif dengan tekhnik Numbered Head Together siklus I,
persentase motivasi belajar siswa meningkat sebesar 60,22% atau dalam kategori sedang. Pada siklus II penggunaan model pembelajaran koopertif dengan tekhnik Numbered Head Together, persentase motivasi belajar siswa meningkat sebesar 72,24% atau dalam kategori tinggi dan telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Siswa sudah mampu bekerja sama dalam kelompok, siswa lebih semangat dan termotivasi dalam belajar, dan siswa lebih aktif dan menghargai
pendapat teman pada kegiatan diskusi kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Ach Fawaid |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 03:04 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 03:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29972 |
Actions (login required)
View Item |