Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Moderat dalam Menangkal ‎Radikalisme di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo

Yazid, Zulfa (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Moderat dalam Menangkal ‎Radikalisme di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zulfa Yazid_203206030011.pdf

Download (8MB)

Abstract

Yazid, Zulfa. 2023. Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Moderat dalam ‎Menangkal Radikalisme di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo ‎Situbondo. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam ‎Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq ‎Jember. Pembimbing I: Dr. H. Mustajab, S.Ag., M.Pd.I. Pembimbing ‎II: Dr. Lailatul Usriyah, M.Pd.I.‎

Kata Kunci: Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan, Islam Moderat, Radikalisme

Isu tentang moderasi Islam yang terjadi diberbagai daerah yang sering ‎kita dengar sejak berbagai peristiwa kekerasan maupun terorisme yang ‎ditudingkan kepada umat Islam. Benar atau tidaknya masalah itu, hal tersebut ‎merupakan pertanyaan lain yang terkadang mengarah pada isu politik. Islam ‎moderat merupakan kesatuan antara jasmani dan rohani, kombinasi wahyu ‎dan akal, kitab yang tertulis dan kitab yang tersebar keseluruh alam semesta.‎
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam ‎moderat dalam menangkal radikalisme di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah ‎Sukorejo Situbondo? 2) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai pendidikan ‎Islam moderat dalam menangkal radikalisme di Ma’had Aly Salafiyah ‎Syafi’iyah Sukorejo Situbondo?‎
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan nilai-nilai ‎pendidikan Islam moderat dalam menangkal radikalisme di Ma’had Aly ‎Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, 2) Mendeskripsikan proses ‎internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam moderat dalam menangkal ‎radikalisme di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo.‎
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. ‎Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan ‎dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model ‎interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. ‎
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai pendidikan ‎Islam moderat dalam menangkal radikalisme di Ma'had Aly Salafiyah ‎Syafi'iyah Sukorejo Situbondo adalah a) Nilai Tasamuh (toleransi) yang ‎diwujudkan dengan kurikulum perkuliahan dan halaqah. b) Nilai At Tahadhur ‎‎(berkeadaban) dibuktikan dengan komitmen kebangsaan. c) Nilai I’tidal ‎‎(ketegasan/anti kekerasan) dengan merealisasikan kurikulum berbasis Maqasid ‎Syari'ah yang bermuara pada Dlaruriyatul Khams. d) Nilai Al-Islah ‎‎(reformasi) yang dibuktikan dengan menghargai tradisi yaitu tradisi pesantren ‎yang meliputi nilai keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, Ukhuwah ‎Islamiyah dan kebebasan. e) Nilai Tathawwur wa ibtikar (dinamis dan ‎inovatif) yang dibuktikan dengan materi kuliah dengan memadukan sistem ‎penyajian materi perguruan tinggi dan pesantren tradisional (maudlū’iy dan ‎kitābiy). 2) Proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam moderat dalam ‎menangkal radikalisme di Ma'had Aly Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo ‎Situbondo, dengan penerapkan bahan ajar yang moderat, rekrutmen tenaga ‎pengajar yang berhaluan moderat, serta melahirkan karya-karya yang bernilai ‎moderat, baik karya dari kalangan dosen, mahasantri atau pun karya alumni.‎

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Zulfa Yazid
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:05
Last Modified: 06 Dec 2023 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30009

Actions (login required)

View Item View Item