Yazid, Zulfa (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Moderat dalam Menangkal Radikalisme di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Zulfa Yazid_203206030011.pdf Download (8MB) |
Abstract
Yazid, Zulfa. 2023. Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Moderat dalam Menangkal Radikalisme di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Mustajab, S.Ag., M.Pd.I. Pembimbing II: Dr. Lailatul Usriyah, M.Pd.I.
Kata Kunci: Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan, Islam Moderat, Radikalisme
Isu tentang moderasi Islam yang terjadi diberbagai daerah yang sering kita dengar sejak berbagai peristiwa kekerasan maupun terorisme yang ditudingkan kepada umat Islam. Benar atau tidaknya masalah itu, hal tersebut merupakan pertanyaan lain yang terkadang mengarah pada isu politik. Islam moderat merupakan kesatuan antara jasmani dan rohani, kombinasi wahyu dan akal, kitab yang tertulis dan kitab yang tersebar keseluruh alam semesta.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam moderat dalam menangkal radikalisme di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo? 2) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam moderat dalam menangkal radikalisme di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam moderat dalam menangkal radikalisme di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, 2) Mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam moderat dalam menangkal radikalisme di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai pendidikan Islam moderat dalam menangkal radikalisme di Ma'had Aly Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo adalah a) Nilai Tasamuh (toleransi) yang diwujudkan dengan kurikulum perkuliahan dan halaqah. b) Nilai At Tahadhur (berkeadaban) dibuktikan dengan komitmen kebangsaan. c) Nilai I’tidal (ketegasan/anti kekerasan) dengan merealisasikan kurikulum berbasis Maqasid Syari'ah yang bermuara pada Dlaruriyatul Khams. d) Nilai Al-Islah (reformasi) yang dibuktikan dengan menghargai tradisi yaitu tradisi pesantren yang meliputi nilai keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, Ukhuwah Islamiyah dan kebebasan. e) Nilai Tathawwur wa ibtikar (dinamis dan inovatif) yang dibuktikan dengan materi kuliah dengan memadukan sistem penyajian materi perguruan tinggi dan pesantren tradisional (maudlū’iy dan kitābiy). 2) Proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam moderat dalam menangkal radikalisme di Ma'had Aly Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo, dengan penerapkan bahan ajar yang moderat, rekrutmen tenaga pengajar yang berhaluan moderat, serta melahirkan karya-karya yang bernilai moderat, baik karya dari kalangan dosen, mahasantri atau pun karya alumni.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Zulfa Yazid |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 07:05 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 07:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30009 |
Actions (login required)
View Item |