Iftitachus, Sya'adah (2023) Pengembangan media puzzle pada pembelajaran matematika materi penjumlahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Iftitachus Sya’adah NIM. T20194089.pdf Download (3MB) |
Abstract
Iftitachus Sya’adah, 2023. Pengembangan Media Puzzle pada Pembelajaran
Matematika materi Penjumlahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I
di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember tahun pelajaran 2023/2024
Kata kunci: Pengembangan, Media Puzzle, Pembelajaran Matematika,
Penjumlahan.
Kurangnya inovasi dalam pengembangan media pembelajaran oleh guru
menyebabkan kurang efektifnya pembelajaran matematika. Hal ini menyebabkan
sulitnya siswa dalam memahami konsep matematika. Hal lain juga menjadi sebab
kurangnya keterampilan siswa dalam matematika khususnya Penjumlahan yaitu
tidak adanya pembelajaran tindak lanjut yang dilakukan selain di sekolah. Media
Puzzle materi Penjumlahan kemudian dikembangkan sebagai sarana belajar yang
dapat membantu proses pembelajaran matematika agar lebih efektif, kreatif, dan
inovatif.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk Mendeskripsikan proses
pengembangan media Puzzle pembelajaran matematika materi Penjumlahan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas I di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah
Jember tahun pelajaran 2023/2024 (2) Untuk mendeskripsikan kelayakan media
Puzzle pembelajaran matematika materi Penjumlahan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa kelas I di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember tahun
pelajaran 2023/2024 (3) Untuk mendeskripsikan kepraktisan media Puzzle
pembelajaran matematika materi Penjumlahan untuk meningkatkan hasil belajar
siswa kelas I di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember tahun pelajaran
2023/2024 (4) Untuk mendeskripsikan keefektifan media Puzzle pembelajaran
matematika materi Penjumlahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I di
SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember tahun pelajaran 2023/2024.
Pengembangan media Puzzle pada pembelajaran matematika materi
Penjumlahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I di SD Baiturrohman
Griya Mangli Indah Jember tahun pelajaran 2023/2024 ini menggunakan metode
penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan
ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development,
Implementation and Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, angket dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses Pengembangan Media
Puzzle menggunakan model ADDIE yaitu tahap analisis dengan melakukan
observasi dan wawancara, tahap desain dilakukan dengan membuat desain media
Puzzle, tahap development dengan melakukan validasi kepada validator, tahap
implementasi dilakukan dengan 2 tahap yaitu tahap skala kecil dengan 6 siswa
dan tahap skala besar dengan 21 siswa, tahap evaluasi yaitu kesimpulan produk
dengan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. (2) Hasil kelayakan Media
Puzzle oleh validator ahli media sebesar 86% dengan kategori sangat layak, oleh
validator ahli materi sebesar 90% dengan kategori sangat layak, dan dinyatakan
sangat layak digunakan oleh pengguna skala kecil. (3) Hasil kepraktisan oleh guru
sebesar 92% dengan kategori sangat praktis dan siswa sebesar 89% dengan
kategori sangat praktis. (4) Hasil keefektifan oleh soal Pretest dan Postest
diperoleh persentase sebesar 71% dengan kategori efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010104 Combinatorics and Discrete Mathematics (excl. Physical Combinatorics) 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Perpustakaan UIN Khas jember |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 02:01 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 02:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30016 |
Actions (login required)
View Item |