Ilmiah Nurlaili, Gema Firmani (2023) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
GEMA FIRMANI ILMIAH NURLAILI_T20189058.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Gema Firmani Ilmiah Nurlaili, 2023: Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bondowoso Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata kunci: kemandirian belajar, hasil belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan belajar aktif yang dibangun dengan bekal pengetahuan atau kompetensi yang dimiliki siswa, baik dalam menetapkan waktu belajar, tempat belajar, cara belajar, maupun evaluasi belajar yang dilakukan oleh siswa sendiri. Kemandirian muncul ketika siswa menemukan diri pada posisi yang menuntut siswa untuk belajar tidak bergantung terhadap orang lain serta mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Kemandirian belajar merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan siswa dalam belajar, sehingga sikap mandiri ini penting dimiliki oleh siapa saja yang ingin mencapai kesuksesan dalam hidupnya.
Rumusan penelitian dalam skripsi ini adalah : Apakah ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS di MTs Negeri 1 Bodowoso Tahun Pelajaran 2021/2022?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS di MTs Negeri 1 Bodowoso Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian korelasional (hubungan). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa dengan menggunakan nilai semester siswa.
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa MTs Negeri 1 Bondowoso memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS. hasil analisis terdapat pengaruh antara variabel kemandirian belajar terhadap hasil belajar MTs Negeri 1 Bondowoso. Hal ini ditunjukkan berdasarkan pada tabel Coefficients dapat dilihat nilai β1 = 0,521 dengan nilai P= 0,000 pada taraf signifikan α = 0,05 yang berarti P < 0,05. Hal tersebut berarti H0 ditolak dan H1 diterima, artinya kemandirian belajar siswa MTs Negeri 1 Bondowoso berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa. Semakin tinggi tingkat kemandirian belajar, semakin baik hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation |
Depositing User: | Gema Firmani Ilmiah Nurlaili |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 07:55 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 07:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30035 |
Actions (login required)
View Item |