YANTI, RISKI NOVI (2016) Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Wirolegi 02 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.
Text
RISKI NOVI YANTI_084 111 120.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci : Keterampilan Mengajar Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Dalam kehidupan manusia, pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalammembentuk generasi mendatang, dengan pendidikan yang berkualitas, bertanggung jawab, dan bermanfaat bagi kehidupan akhirat. Kualitas manusia yang dibutuhkan oleh bangsa Indonesia pada masa yang akan datang adalah mampu menghadapi persaingan yang semakin ketat dengan bangsa lain di dunia. Belajar tanpa guru tidak bisa mencapai tujuan, karena guru adalah pendidik yang menyampaikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Keberhasilan pendidikan tidak lepas dari peranan guru. Sebagai seorang yang profesional, orang yang menyandang status sebaga guru harus mempunyai sejumlah keterampilan dasar mengajar. Keterampilan dasar mengajar adalah standar yang harus dimiliki setiap individu yang berprofesi sebagai guru. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu 1) Apakah ada pengaruh keterampilan mengajar guru berpengaruh terhadap hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Wirolegi 2 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? 2) Apakah ada pengaruh motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Wirolegi 2 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? 3) Apakah ada pengaruh keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Wirolegi 2 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar Baik Secara Individu Maupun Simultan Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SDN Wirolegi 02 Sumbersari–Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Field Research (Penelitian Lapangan). Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Wirolegi 02 yang jumlah 104 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan rumus: Y = b + b1.X1+ b2.X2+ e Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Ada pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI,dengan t hitung 1.591 > t tabel 0.119 dengan tingkat signifikansi 0.119 > 0.05 maka Ha diterima. 2) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, Dengan t hitung 0.639 > t tabel 0.526 dengan tingkat signifikasnsinya 0.526 > 0.05 maka Ha diterima. 3) Ada pengaruh keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, Dengan f hitung 1.271 > f tabel 0.000 maka Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 01:52 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 01:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30060 |
Actions (login required)
View Item |