SALMA, SITI (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DIGITAL APPLICATIONS (TASPEN OTENTIKASI) DALAM MEMBANTU PROSES PENCAIRAN DANA PENSIUN DI BANK BTPN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDIQ JEMBER.
Text
SITI SALMA_204105010051.pdf Download (2MB) |
Abstract
Siti Salma, Siti Indah Purwaning Yuwana, S.Si., MM.: Efektivitas Penggunaan Digital Applications (Taspen Otentikasi) Dalam Membantu Proses Pencairan Dana Pensiun Di Bank BTPN
Aplikasi Taspen otentikasi yang merupakan aplikasi luncuran PT Taspen adalah aplikasi digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun yang harus di gunakan nasabah ketika hendak mencairkan dana pensiunnya. BTPN yang telah bekerja
sama dengan PT Taspen sebagai mitra bayar, juga menerapkan penggunaan aplikasi otentikasi Taspen ini sebagai alat atau sesuatu yang bisa mempermudah dan membantu nasabah dalam proses pencairan dana pensiun. Namun masih terdapat kendala dalam penggunaan aplikasi Taspen otentikasi.
Berdasarkan hal tersebut maka peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “Efektivitas Penggunaan Digital Applications (Taspen Otentikasi) Dalam Membantu Proses Pencairan Dana Pensiun di Bank BTPN” dengan fokus
permasalahan yaitu: (1) Apakah penggunaan digital applications (Taspen otentikasi) sudah efektif dalam membantu proses pencarian dana pensiun?, (2) Apa saja kendala penggunaan digital applications (Taspen otentikasi) dalam membantu proses pencairan dana pensiun?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektivitas penggunaan digital applications (Taspen otentikasi) dalam membantu proses pencairan dana pensiun di Bank BTPN (2)
untuk mengetahui kendala atau hambatan penggunaan digital applications (Taspen otentikasi) dalam membantu proses pencairan dana pensiun di Bank
BTPN.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan “Penggunaan Digital Applications
(Taspen Otentikasi) Dalam Membantu Proses Pencairan Dana Pensiun di Bank BTPN” dapat dikatakan belum efektif. Hal ini dikarenakan masih terdapat 3
indikator dari 8 indikator “efektivitas” yang belum terpenuhi dalam penggunaan
digital applications (Taspen otentikasi) yaitu : penyusunan program yang tepat,
proses analisa dan perumusan kebijakan yang mantap, dan
x
pelaksanaan yang efektif dan efisien. Persoalan lain yang juga terjadi yaitu
adanya kendala dalam proses penggunaan digital applications (Taspen otentikasi)
sehingga menghambat proses pelayanan yang diberikan oleh Bank BTPN kepada
nasabah.
Kata Kunci : Efektivitas, Taspen Otentikasi, Pelayanan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms SITI SALMA |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 02:06 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 02:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30118 |
Actions (login required)
View Item |