Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Sekolah Perempuan Puger Kreatif di Kecamatan Puger Kabupaten Jember

Amalia, Vina Choirul (2023) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Sekolah Perempuan Puger Kreatif di Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
VINA CHOIRUL AMALIA_D20192035.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Vina Choirul Amalia, 2023 : Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Sekolah Perempuan Puger Kreatif Di Kecamatan Puger Kabupaten Jember.

Kata Kunci : Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Sekolah Perempuan Puger Kreatif.

Pemberdayaan ekonomi masyarakat merupakan hal yang dapat dicapai dengan menciptakan perekonomian yang bermutu, kuat, dan modern. Untuk menjaga kekuatan ekonomi tersebut, negara harus mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kekuatan ekonomi ini menjadi prioritas sumber daya alam dan manusia. Pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dijalankan oleh sekolah perempuan puger kreatif Puger merupakan salah satu bentuk pemberdayaan yang mengajak perempuan pesisir Puger untuk mengelola sumber daya alam pesisir agar bisa menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Sekolah Perempuan Puger Kreatif di Kecamatan Puger Kabupaten Jember? (2) Bagaimana peluang dan kendala dari pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Sekolah Perempuan Puger Kreatif Kecamatan Puger Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini ialah: (1) Untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Sekolah Perempuan Puger Kreatif Kecamatan Puger Kabupaten Jember (2) Untuk mengetahui bagaimana peluang dan kendala dari pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Sekolah Perempuan Puger Kreatif Kecamatan Puger Kabupaten Jember?
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Selain itu peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk keabsahan datanya.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu (1) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Sekolah Perempuan Puger Kreatif Kabupaten Jember telah menerapkan prinsip pemberdayaan prinsip kesetaraan, prinsip partisipasi, prinsip keswadaya kemandirian dan prinsip berkelanjutan. Selanjutnya Sekolah Perempuan Puger Kreatif melakukan tujuh tahapan pemberdayaan ialah tahapan persiapan, pengkajian, alternative program dan rencana aksi, implementasi progam, evaluasi dan terminasi, dan sekolah perempuan Puger kreatif telah melakukan tujuan adalah perbaikan kelembagaan, perbaikan usaha, perbaikan lingkungan, perbaikankehidupan. (2) Faktor penghambat yang ada dalam pemberdayaan ekonomi Sekolah Perempuan Puger Kreatif adalah kurangnya pengetahuan dan sarana prasarana. Faktor pendukung adalah motivasi dan kebijakan pemerintah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160505 Economic Development Policy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169901 Gender Specific Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mrs Vina Choirul Amalia
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:48
Last Modified: 12 Dec 2023 02:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30154

Actions (login required)

View Item View Item