Ramadani, Lutfiana (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS AL-FALAH AJUNG. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
LUTFIANA RAMADANI T20197043.pdf Download (3MB) |
Abstract
Lutfiana Ramadani, 2023: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team
Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Pada
Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas Viii Di Mts Al-Falah Ajung
Kata Kunci : pembelajaran kooperatif, team games tournament, penalaran
matematis, barisan dan deret aritmatika
Matematika merupakan ilmu yang mendasari perkembangan teknologi
modern dan mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin serta mamajukan
daya pikir manusia. Beberapa kajian berkenaan dengan model pembelajaran
matematika salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Team Games
Tournament yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa
harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan
mengandung unsur permainan serta reinforcement. Sehingga siswa bisa
mempunyai kemampuan bernalar secara matematis untuk menyelesaikan suatu
masalah serta menarik kesimpulan.
Tujuan penelitian ini yaitu; 1) Untuk mengetahui hasil tes kemampuan
penalaran matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. 2) Untuk
mengetahui apakah ada perbedaan hasil tes kemampuan penalaran matematis
antar siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. 3) Untuk mengetahui
apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games
Tournament terhadap penalaran matematis pada materi barisan dan deret
aritmatika siswa kelas VIII di MTs Al-Falah Ajung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Falah,
Teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan kelas VIII A sebagai
kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan uji t pada taraf signifikasi 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan penalaran matematis
siswa di kelas eksperimen mendapatkan rata-rata sebesar 80,31 sedangkan di
kelas kontrol sebesar 67,17. 2) posttest kelas eksperimen mendapat nilai
maksimum 100, nilai minimum 60, dan standar deviasi 12,076, sedangkan kelas
kontrol mendapat nilai maksimum 80, nilai minimum 40, dan standar deviasi
10,282. 3) Berdasarkan hasil uji-t dapat dilihat bahwa didapatkan nilai sig. (2-
tailed) sebesar 0,000, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan
bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games
Tournament terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi barisan dan
deret aritmatika siswa kelas VIII MTs Al-Falah Ajung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | ms Lutfiana Ramadani |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 02:13 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 02:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30158 |
Actions (login required)
View Item |