Implementasi Outdoor Learning Process (OLP) Tipe Ekspedisi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTsN 6 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Riadi, Kirana Asya (2019) Implementasi Outdoor Learning Process (OLP) Tipe Ekspedisi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTsN 6 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Kirana Asya Riadi_T20159009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penerapan pembelajaran yang berpusat pada sumber belajar seperti LKS, buku pelajaran cenderung monoton, kaku dan membosankan. Siswa tidak memiliki motivasi dalam pengalaman belajar melihat sumber belajar dan pembelajaran yang terbatas. Penggunaan kurikulum 2013, guru dituntut untuk mengkontekstualkan pembelajaran dengan dunia nyata. Siswa harus mendapat gambaran dari materi yang telah dipelajari di sekolah dengan yang mereka lihat dalam kehidupan sehari hari. Strategi Outdoor Learning Process (OLP) merupakan kegiatan pembelajaran di luar kelas yang dapat menambah aspek kegembiraan dan kesenangan bagi siswa sebagaimana bermain di alam bebas. Namun pada penerapannya masih minim guru yang menggunakan strategi tersebut. Ekspedisi merupakan kegiatan perjalanan ke suatu tempat untuk mencapai misi tertentu. Fokus penelitian: 1) Bagaimana Persiapan Implementasi Outdoor Learning Process Tipe Ekspedisi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTsN 6 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana Pelaksanaan Implementasi Outdoor Learning ProcessTipe EkspedisiPada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTsN 6 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana Pasca Implementasi Outdoor Learning ProcessTipe Ekspedisi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial MTsN 6 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. Peneliti menggunakan metode penelitian kualititatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian yakni MTsN 6 Jember. Metode pemilihan informan dengan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Teori Miles dan Huberman yakni kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi data. Hasil penelitian menjelaskan bahwa implementasi Outdoor Learning Process (OLP) tipe Ekspedisi MTsN 6 Jember dengan 3 langkah, yaitu: 1)Persiapan: a) perencanaan pembelajaran b) survei, perizinan dan konfirmasi c) menyiapkan lembar kerja siswa d) menyiapkan tabel hasil pengamatan dan wawancara e) jaringan internet f) mengecek siswa g) guru menjelaskan topik dan tujuan pembelajaran h) siswa dibagi secara berkelompok i) guru menjelaskan pembelajaran ekspedisi. 2)Pelaksanaan:a) siswa bergabung bersama kelompok b) mengamati gambar kebutuhan manusia c) menjelaskan teknis pelaksanaan pembelajaran d) ekspedisi e) observasi temuan f) mencatat temuan di lapangan g) diskusi hasil temuan dan menganalisis konektivitas antar ruang h) presentasi i) menuliskan dalam bentuk laporan. 3)Pasca: a) kesimpulan b) evaluasi c) refleksi d) penutup e) menilai hasil presentasi f) kroscek hasil laporan siswa g) analisis pelaksanaan OLP. Kata Kunci: Outdoor Learning Process (OLP), Ekspedisi, IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 12 Dec 2023 04:41
Last Modified: 12 Dec 2023 04:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30169

Actions (login required)

View Item View Item