Irmawati, Ms. (2017) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kedisiplinan Guru di MTs PSA Al Haromain Selok Anyar Pasirian Lumajang dan SMK Al Haromain Selok Anyar Pasirian Lumajang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.
Text
IRMAWATI _084 113 073.pdf Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh baik buruknya organisasi sering kali bergantung pada faktor kepemimpinan. Dalam organisasi pendidikan atau sekolah yang menjadi pemimpin adalah kepala sekolah sedangkan bawahannya adalah guru dan staf. Sebagai pemimpin pendidikan, kepala sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup berat sehingga memerlukan teknik atau cara tersendiri dalam melaksanakan tugasnya. Teknik tersebut kemudian dikenal dengan gaya kepemimpinan. Mengingat sekolah merupakan organisasi yang di dalamnya menjalankan proses belajar mengajar, maka kedisiplinan guru sangat menentukan mutu pendidikan sebagai tujuan dari organisasi. Oleh karena itu, diduga gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kedisiplinan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana gambaran kedisiplinan guru di bawah gaya kepemimpinan otoriter di MTs PSA Al Haromain Selok Anyar Pasirian Lumajang, 2) Bagaimana gambaran kedisiplinan guru di bawah gaya kepemimpinan demokratis di SMK Al Haromain Selok Anyar Pasirian Lumajang dan 3) Adakah pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kedisiplinan guru di MTs PSA Al Haromain Selok Anyar Pasirian Lumajang dan SMK Al Haromain Selok Anyar Pasirian Lumajang tahun pelajaran 2016/2017 Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan gambaran kedisiplinan guru dibawah gaya kepemimpinan otoriter di MTs PSA Al Haromain Selok Anyar Pasirian Lumajang, 2) Untuk mendeskripsikan kedisiplinan guru dibawah gaya kepemimpinan demokratis di SMK Al Haromain Selok Anyar Pasirian Lumajang dan 3) Untuk mengkaji pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kedisiplinan guru di MTs PSA Al Haromain Selok Anyar Pasirian Lumajang dan di SMK Al Haromain Selok Anyar Pasirian Lumajang Untuk mendeskripsikan gambaran kedisiplinan guru dibawah gaya kepemimpinan otoriter di MTs PSA Al Haromain Selok Anyar Pasirian Lumajang, 2) Untuk mendeskripsikan gambaran kedisiplinan guru dibawah gaya kepemimpinan demokratis di SMK Al Haromain Selok Anyar Pasirian Lumajang dan 3) Untuk mengkaji pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kedisiplinan guru di MTs PSA Al Haromain Selok Anyar Pasirian Lumajang dan di SMK Al Haromain Selok Anyar Pasirian Lumajang Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Adapun objek penelitian bertempat di MTs PSA Al Haromain Selok Anyar Pasirian Lumajang dan SMK Al Haromain Selok Anyar Pasirian Lumajang. Subjek penelitian yang diambil adalah seluruh guru dari kedua sekolah tersebut berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan dua analisis, yaitu analisis deskriptif dengan rumus prosntase dan analisis korelasi Chi Kuadrat. x Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) gambaran kedisiplinan guru di bawah gaya kepemimpinan otoriter adalah 55 % atau 11 dari 20 orang guru berdisiplin tinggi dan 45 % atau 9 orang dari 20 orang guru berdisiplin rendah. 2) gambaran disiplin guru di bawah gaya kepemimpinan demokratis adalah 65 % atau 13 orang dari 20 orang guru berdisiplin tinggi dan 35 % atau 7 orang dari 20 orang guru berdisiplin rendah. 3) χ 2 hitung = 0,417 lebih kecil dariχ 2 tabel = 3.841yang berarti tidak ada pengaruh antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 03:06 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 03:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30204 |
Actions (login required)
View Item |