SAADAH, RIFAATUS (2017) Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Menigkatkan Prestasi Belajar Akademik Siswa Melalui Program Madrasah Diniyah Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Ihay’ Ulumudin Singojuruh Banyuwagi Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.
Text
RIFAATUS SAADAH_ 084 133 073.pdf Download (40MB) |
Abstract
Manajemen berbasis sekolah merupakan paradigma baru pendidikan, yang memberikan otonomi luas pada tingkat sekolah dalam kerangka kebijakan pendidikan nasional. Dengan adanya otonomi SMKN Ihya’ Ulumudin menerapkan Madrasah Diniyah, yaitu pendidikan keagamaan Islam yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan tentang ajaran agama Islam atau menjadi Ahli ilmu agama Islam dan mengamalkan ajaran Agama Islam”. Madrasah Diniyah yang sementara ini di kenal sebagai pelengkap (suplemen) Pendidikan Agama yang di peroleh di sekolahan umum. Adapun masalah yang akan diteliti adalah: 1) Bagaimana otonomi sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar kognitif siswa malalui program madrasah diniyah di SMKN ihya’ ulumudin singonjuruh banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana otonomi sekolah dalam menigkatkan prestasi belajar afektif siswa melalui program madrasah diniyah di SMKN ihya’ ulumudin singonjuruh banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana otonomi sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar psikomotorik siswa melaluiprogram madrasah diniyah di SMKN ihya’ ulumudin singonjuruh banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini 1) Untuk mendeskripsikan otonomi sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar kognitif siswa malalui program madrasah diniyah di SMKN ihya’ ulumudin singonjuruh banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mendeskripsikan otonomi sekolah dalam menigkatkan prestasi belajar afektif siswa melalui program madrasah diniyah di SMKN ihya’ ulumudin singonjuruh banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. 3) Untuk mendeskripsikan otonomi sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar psikomotorik siswa melalui program madrasah diniyah di SMKN ihya’ ulumudin singonjuruh banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi, analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, keabasahan data meggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Otonomi sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar kognitif siswa malalui program madrasah diniyah terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam berikan materi muamalah dan ibadah. 2) Otonomi sekolah dalam menigkatkan prestasi belajar afektif siswa melalui program madrasah diniyah. Menanamkan nilai etika terhadap guru dan sesama supaya lebih bertutur kata yang santun. 3) Otonomi sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar psikomotorik siswa melalui program madrasah diniyah. Siswa mampu menerapkan apa yang sudah dipelajari di Madin seperti halnya menjadi khotib,bilal, memimpin tahlil, sholat jenazah dan zakat fitrah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 03:06 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 03:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30218 |
Actions (login required)
View Item |