FATONI, NUR FAIZIN (2017) “Upaya Pembina Pramuka dalam Mengembangkan Karakter Anggota Pramuka Gugus Depan 01.143-01.144 yang Berpangkalan di Institut Agama Islam Negeri Jember Masa Bakti 2016/2017”. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.
Text
NUR FAIZIN FATONI_084123062.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan Kepramukaan merupakan usaha sadar dan terencana dalam membina dan mengarahkan karakter Sumber Daya Manusia Pramuka, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat, menjadi manusia yang mandiri, peduli, tanggungjawab dan berpegang teguh pada nilai dan norma masyarakat yang disesuaikan dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, tentu seorang pembina pramuka harus menguasai manajemen. Agar upaya dalam mengembangkan karakter mahasiswa dapat terlaksana sesuai dengan tujuan. Oleh sebab itu, peran pembina pramuka sangatlah penting sebagai konsultan dalam mengembangkan karakter Anggota Pramuka. Fokus penelitian meliputi: (1) Bagaimana upaya pembina pramuka di Gugus Depan 01.143-01.144 yang berpangkalan di Institut Agama Islam Negeri Jember Masa Bakti 2016/2017 dalam mengembangkan karakter religi anggota pramuka? (2) Bagaimana upaya pembina pramuka di Gugus Depan 01.143-01.144 yang berpangkalan di Institut Agama Islam Negeri Jember Masa Bakti 2016/2017 dalam mengembangkan karakter mandiri dan tanggungjawab anggota pramuka? (3) Bagaimana upaya pembina pramuka di Gugus Depan 01.143-01.144 yang berpangkalan di Institut Agama Islam Negeri Jember Masa Bakti 2016/2017 dalam mengembangkan karakter peduli anggota pramuka? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya pembina pramuka di Gugus Depan 01.143-01.144 yang berpangkalan di Institut Agama Islam Negeri Jember Masa Bakti 2016/2017 dalam mengembangkan karakter anggota pramuka terutama dalam karakter religi, mandiri dan tanggungjawab serta kepedulian anggota pramuka. Untuk menjawab tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara bebas terpimpin (semi terstruktur), dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: (a) Upaya yang ditempuh pembina pramuka di Gerakan Pramuka yang berpangkalan di Institut Agama Islam Negeri Jember Masa Bakti 2016/2017 dalam mengadakan pengembangan karakter khususnya karakter religius anggota pramuka dilaksanakan melalui kegiatankegiatan keagamaan. (b) Upaya yang ditempuh pembina pramuka di Gerakan Pramuka yang Berpangkalan di Institut Agama Islam Negeri Jember Masa Bakti 2016/2017 dalam mengadakan pengembangan karakter khususnya karakter mandiri dan tanggungjawab anggota pramuka dilaksanakan melalui kegiatankegiatan reka kerja dan reka bakat minat. (c) Upaya yang ditempuh pembina pramuka di Gerakan Pramuka yang Berpangkalan di Institut Agama Islam Negeri Jember Masa Bakti 2016/2017 dalam mengadakan pengembangan karakter khususnya karakter peduli anggota pramuka dilaksanakan melalui kegiatankegiatan sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 04:15 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 04:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30219 |
Actions (login required)
View Item |