Rofiqoh, Irma (2018) Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Spiritual Quotient Siswa Di SMP Islam Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.
Text
Irma Rofiqoh_084 133 040.pdf Download (7MB) |
Abstract
Manajemen peserta didik haruslah diupayakan untuk mempersatukan peseta didik yang mempunya keragaman latar belakang dan punya banyak perbedaan. Perbedaan-perbedaan yang ada pada peserta didik tidak diarahkan bagimunculnya konflik diantara mereka melainkan justru untuk memperstukan, saling memahami dan saling menghargai.sehingga setiap peserta didik memiliki wahana untuk berkembang secara optimal. Adapun fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini sebagai berikut: 1). Bagaimana rekrutmen dan seleksi peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient siswa di SMP Islam Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana penerimaan peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient siswa di SMP Islam Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 3) Bagaimana orientasi peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient siswa di SMP Islam Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 4) Bagaimana penempatan peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient siswa di SMP Islam Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 5) Bagaimana pembinaan peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient siswa di SMP Islam Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mendeskripsikan rekrutmen dan seleksi peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient siswa di SMP Islam Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan penerimaan peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient siswa di SMP Islam Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Mendeskripsikan orientasi peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient siswa di SMP Islam Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 4) Mendeskripsikan penempatan peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient siswa di SMP Islam Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 5) Mendeskripsikan pembinaan peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient siswa di SMP Islam Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1). Rekrutmen peserta didik di SMP Islam Ambulu Jember dengan cara mempromosikan ke SD/MI di sekitar wilayah Ambulu dan wuluhan, dengan cara menyebarkan informasi dalam bentuk lisan maupun tulisan. Sedangkan seleksi peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient siswa di SMP Islam Ambulu terdapat dua jenis seleksi . Yaitu jenis pertama seleksi untuk masuk di SMP Islam Ambulu dengan cara mengumpulkan data-data yang ada, seperti legalisir Ijasah dan SKHUN, Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran. Jenis kedua seleksi untuk masuk kelas unggulan di SMP Islam dengan syarat bisa Baca Tulis Al-Quran, nilai rata-rata tidak kurang dari 80, berdedikasi, disiplin dan ix mendapatkan ijin dari orang tua. 2). Penerimaan peserta didik reguler langsung diterima bagi yang sudah mendaftarkan diri, namun untuk penerimaan peserta didik siswa unggulan dilakukan setelah seleksi dengan cara mengumumkan kepada peserta didik yang diterima dan tidak, melalui sebuah papan informasi. Setelah peserta didik diterima ada kegiatan-kegiatan lain seperti memberikan edaran tata tertib dan anggaran-anggaran yang perlu di ketahui orang tua. 3). Orientasi peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient siswa di SMP Islam Ambulu dilakukan dengan tujuan memperkenalkan peserta didik baru tentang sekolah barunya seperti kebiasaan atau budaya sekolah, kegiatan-kegiatan sekolah, sarana dan prasarana sekolah, tata terbib sekolah dan lain sebagainya, supaya peserta didik baru tidak merasa bingung. Kegiatan orientasi peserta didik baru ini dilakukan sejak hari-hari pertama masuk sampai 3 bulan pertama masuk sekolah untuk mengenal lebih dalam SMP Islam Ambulu Jember. 4) Penempatan peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient siswa di SMP Islam Ambulu dilakukan berdasarkan hasil seleksi yaitu untuk peserta didik yang memiliki bakat dan minat yang sama contohnya peserta didik yang memiliki bakat minat dibidang olah raga mereka dikelompokkan menjadi satu kelas yang di sebut kelas CABOR. Kemudian untuk peserta didik yang memiliki kemampuan atau berprestasi dan telah melakukan berbagai syarat lainnya mereka berhak dikelompokkan bersama dengan teman berprestasi lainnya, yaitu ditempatkan di kelas unggulan atau kampus dua. 5). Pembinaan peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient siswa di SMP Islam Ambulu yaitu kegiatan untuk membina dan mengenbangkan pengalaman belajar peserta didik melalui berbagai kegiatan pembinaan dalam bentuk kegiatan intra dan ekstrakurikuler, seperti kegiatan OSIS, membaca AlQur’an bersama, shalat Dhuha, dhuhur dan ashar berjamaah, kegiatan menghafal Al-Quran, kedisiplinan peserta didik, kegiatan bakti sosial, sangar pengetahuan, Ikatan Remaja Islam (IRI) dan kegiatan pengembangan diri seperti pengembangan ilmu pengetahuan umum, agama dan pengembangan bahasa inggris, bahasa Arab dan bahasa Korea. Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik, Spiritual Quotient.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 04:15 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 04:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30225 |
Actions (login required)
View Item |