PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERORIENTASI PADA KONSEP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BAGI PESERTA DIDIK CERDAS ISTIMEWA (PDCI) DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sari, Ayu Zakiyatus Solehah (2023) PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERORIENTASI PADA KONSEP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BAGI PESERTA DIDIK CERDAS ISTIMEWA (PDCI) DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurul Aini_T20151176.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fikih merupakan suatu pembelajaran yang wajib dipelajari di lembaga
formal maupun pesantren. Walaupun demikian ada perbedaan dari segi media
yang digunakan. Jika di lembaga sekolah formal menggunakan buku lks dalam
memberi pemahaman siswa terkait materi fikih, maka dalam hal ini Pondok
Pesantren An-Nur Lampeji menggunakan kitab I’anatut Tholibin dalam memberi
pemahaman kepada santri terkait materi fikih sehari-hari secara lebih rinci untuk
tingkatan Wustha melalui wadah lembaga Madrasah Diniyah. Pelaksanaan
kegiatan belajar kitab I’anatut Tholibin di Pondok Pesantren An-Nur Lampeji
dilaksanakan dua kali dalam seminggu, yakni setiap hari rabu dan kamis. Dengan
adanya pembelajaran fikih melalui kitab I’anatut Tholibin tersebut dapat memberi
pemahaman fikih secara lebih luas lagi serta memberi bekal kepada para santri
terkait masalah fikih yang berkenaan dengan kehidupan sehari-hari.
Fokus penelitian yang diteliti di dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi proses pembelajaran kitab I’anatut
Tholibin di madrasah diniyah tingkatan wustha Pondok Pesantren An-Nur
Lampeji Mumbulsari Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat
proses pembelajaran kitab I’anatut Tholibin di madrasah diniyah tingkatan wustha
Pondok Pesantren An-Nur Lampeji Mumbulsari Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian
berbentuk deskriptif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deksriptif
kualitatif yang meliputi: pengumpulan data, kondensasi data, display data dan
penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi tekhnik.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan antara
lain:1) perencanaan pembelajaran fikih melalui kitab I’anatut Tholibin di
madrasah diniyah tingkatan wustha Pondok Pesantren An-Nur adalah berupa
penyusunan i’dad dimana di dalam i’dad tersebut tidak dituangkan secara
sistematis mengenai tujuan dan materi pembelajaran, melainkan hanya berisi
sebuah langkah-langkah pembelajaran.2) pelaksanaan pembelajaran fikih melalui
kitab I’anatut Tholibin di madrasah diniyah tingkatan wustha Pondok Pesantren
An-Nur yaitu meliputi penggunaan metode bandongan dan praktek dan sumber
belajar yang digunakan adalah kitab I’anatut Tholibin. 3) evaluasi pembelajaran
fikih melalui kitab I’anatut Tholibin di madrasah diniyah tingkatan wustha
Pondok Pesantren An-Nur meliputi dua tahap yaitu dilakukan ketika di akhir
proses pembelajaran dan dilaksanakan rutin ketika awal semester dan akhir
semester. 4) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran fikih melalui kitab
I’anatut Tholibin di madrasah diniyah tingkatan wustha Pondok Pesantren An�Nur yaitu adanya motivasi dari santri untuk dapat memahami isi kitab dan yang
menjadi kendala adalah dari segi pemahaman isi kitabnya, seperti cara membaca
kitabnya, menentukan dhomir dan pemberian harakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Syafira Salsabila
Date Deposited: 14 Dec 2023 06:54
Last Modified: 14 Dec 2023 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30302

Actions (login required)

View Item View Item